Home Site Map Kontak FAQ Buku Tamu

Menu
Profil
Organisasi
Berita
Peraturan JFP
Standar Pelayanan
Informasi Beasiswa
Kalender Kegiatan
Publikasi
Quick Links
Informasi Beasiswa SPIRIT

Polling
Bagaimana Pelayanan Pusbindiklatren?
 Sangat Baik
 Cukup Baik
 Baik
 Cukup
 Kurang
 

Visit Counter
1 Pengunjung Online
Anda Pengunjung Ke :
51148

Web Administrator
PUSBINDIKLATREN Bappenas

:: Pertanyaan
»

saya peserta beasiswa gelar pusbindiklatren tahun ini. saya sudah mengikuti seleksi TPA nasional yang baru lalu di Semarang. Pada saat itu saya konfirmasi ke petugas dari BAPPENAS bahwa saya telah memiliki hasil TPA Bapenas dari ujian TPA yang saya tempuh bulan Juli tahun ini juga. Kemudian petugas ybs meminta hasil TPA tersebut untuk dilaporkan, sehingga hasil skor yang saya pakai adalah skor TPA yang bulan Juli tersebut (skor 584). pada saat itu saya juga diminta untuk memberikan hasil TOEFL institutional yang sayaambil pada bulan juli dengan skor 560. yang ingin saya tanyakan, nama saya tidak tercantum dalam daftar panggilan TOEFL beasiswa pusbindiklatren, apakah dengan begitu saya sudah dinyatakan gugur dari proses seleksi? demikian mohon tanggapan, dan sebelumnya disampaikan terima kasih.

»

Saya staf bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota. Mohon konfirmasi jadwal diklat teknis perencana dalam waktu dekat yang bisa saya ikuti. Mohon konfirmasi juga, perihal tatacara/jadwal keikutsertaan tes TPA secara individual, apakah bisa saya ikuti, mengingat keterlambatan saya mengikuti tes TPA untuk penerimaan Beasiswa yang lalu karena alasan penting.

» Berkaitan dengan surat dari Pusbindiklatren Bappenas tentang informasi beasiswa gelar, di salah satu bagian terdapat ketentuan tentang mekanisme pembiayaan, yaitu cost sharing baik type I maupun IV. Dalam mekanisme pembiayaan tersebut sudah dijelaskan mengenai pembagian pembiayaannya antara Pusbindiklatren dengan Pemda asal. Untuk cost sharing type I, biaya yang ditanggung Pemda asal meliputi tunjangan penempatan awal dan tambahan uang saku. Kami mohon penjelasan lebih lanjut tentang pembagian pembiayaan tersebut, berkaitan dengan peraturan yang ada (membolehkan adanya sharing), karena menurut Badan Kepegawaian kami, Pemda tidak boleh mengeluarkan pembiayaan apapun untuk bantuan pegawai yang melaksanakan tugas belajar dimana pegawai tersebut sudah mendapatkan pembiayaan dari instansi lain. Peraturan tersebut berasal dari Peraturan Menteri Keuangan.
» Bersama ini kami mengajukan pertanyaan perihal seleksi TPA &TOEFL tahun 2009, sesuai dengan hasil pengumuman tersebut yang sampai kepada kami bahwa saya lulus untuk seleksi TPA sedangkan untuk seleksi TOEFL dinyatakan tidak lulus. untuk seleksi 2010 kami atas nama diatas tidak mengirimkan formulir untuk tahun 2010. apakah saya dapat langsung diikutkan seleksi TOEFL atau mengirimkan berkas baru untuk memperbaharui berkas yang ada pada panitia seleksi tahun 2009.
» Mohon maaf sebelumnya, saya mewakili peserta Tes Potensi Akademik dari Pemkab Jepara, yang telah mengikuti TPA pada tanggal 5 September 2009 yang lalu dan bertempat di Gedung MPWK UNDIP Semarang. Menurut Pengumuman yang telah kami lihat dari Kabupaten Jepara tidak ada yang lulus TPA. Jika berkenan kami mohon informasi berapa nilai hasil ujian kami, sehingga untuk tahun depan kami bisa lebih mempersiapkan diri.
» Saya adalah peserta seleksi beasiswa gelar untuk tahun 2009. Pada seleksi Gel II tahun 2009 (bulan Maret 2009) Nilai TPA saya memenuhi syarat untuk mengikuti TOEFL tetapi saya tidak memenuhi syarat TOEFL dan tidak lulus. untuk tahun 2010 saya masih ingi mencoba untuk mengikuti seleksi kembali, apakah saya langsung mengikuti TOEFL (dengan nilai TPA bln Maret 2009) atau bagaimana? atas informasinya saya ucapkan terima kasih
» Saya adalah salah satu alumni penerima beasiswa Pusbindiklatren Bappenas kerjasama Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2003-2004. Saat ini saya berminat untuk melanjutkan pendidikan S3. Saya berminat pada bidang sosial utamanya pembangunan pada negara berkembang (focus pada Urban and Regional Planning). Untuk itu mohon informasi mengenai Program Beasiswa S3 (Doctoral) di Jepang T.A. 2010 termasuk informasi mengenai Kantor Pendukung (EEO).
» Saya mahasiswa S2 Linkage Jepang batch 2. Sekarang telah menyelesaikan studi, dan tinggal menunggu wisuda. Sekembalinya ke Indonesia, saya dan teman2 mendengar bahwa kami harus mengurus kelulusan kami ke Dikti Jakarta. Tapi bersamaan dengan hal tersebut, kami juga mendengar dari teman2 yang sudah pernah mengurus ke Dikti bahwa sebenarnya kita tidak perlu mengurus ke Dikti karena semua universitas/jurusan di Jepang yang bekerjasama dengan Bappenas, sudah mendapat pengakuan Dikti. Namun ada juga teman2 yang menginformasikan bahwa pengurusan ke Dikti tetap harus dilakukan, entah sudah ada kerjasama dengan Bappenas ataukah belum. Sehubungan dengan kesimpangsiuran tersebut, kami berharap sekali penjelasan mengenai hal ini. Karena bila memang pengurusan ke Dikti tetap harus dilakukan, secepatnya kami harus mengurus kelengkapan persyaratan dalam sekian hari tersisa masa tinggal kami di Jepang.
» Saya peserta seleksi beasiswa S2 Linkage Bappenas dari Sawahlunto, Sumatera Barat dan telah menerima surat pemanggilan untuk mengikuti TOEFL di Padang 10 Oktober 2009 di kampus Unand. Pada saat mengikuti test TPA saya mendapatkan selebaran yang menjelaskan jika telah memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai di atas 450 dan masih di bawah 2 tahun pada saat pelaksanaan seleksi maka dapat dinyatakan lulus ke tahap berikutnya. Saya saat ini telah memiliki sertifikat ITP (institusional) TOEFL dengan skor 487 (copyannya saya lampirkan pada saat pengiriman dokumen), yang saya ikuti pada bulan mei 2008 di ITB Bandung. Apakah sertifikat Toefl yang saya miliki masih bisa digunakan untuk persyarakatan seleksi? Sebagai bukti, apakah saya perlu kirimkan aslinya ke Bappenas?
» Saya PNS pada Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD) di Samarinda Kaltim, Saya ingin menanyakan program beasiswa S2 untuk jurusan komputer pada tahun 2010 apa sudah ada / dimulai. Apabila sudah ada/dimulai saya mohon dapat diinformasikan bagaimana prosedur pendaftarannya. Saya sudah mengikuti Test EPT dan Test Potensi Akademik tahun 2009.
» Saya salah seorang yang mengirim lamaran Beasiswa Bappenas2010, Mohon di Informasikan kapan ya pengumuman hasil seleksi administrasi ?
» Saya seorang PNS pemerintah kota dengan keadaan sebagai berikut : 1. TMT CPNS tanggal 01-12-2002 dalam Golongan II/a 2. TMT PNS tanggal 01-3-2004 Kemudian Saya mengikuti ujian penyesuain ijazah dan lulus sehingga saya menjadi Golongan III/a dengan TMT 01-04-2008. 3. Masa kerja saya dari golongan III/a per 01-08-2009 adalah 01 th 04 bln dan 01 th 08 bln apabila ditambah dengan masa kerja sisa potongan ketika saya naik pangkat ke gol.. III/a kemarin adalah 04 bulan, sehinga masa kerja keseluruhan menjadi 01 tahun 08 bulan per 01-08-2009 nanti. 4. Saya lulus kuliah ( S1 ) di Perguruan Tinggi Swasta di daerah saya dengan jurusan Ilmu Administrasi dan tanggal kelulusan 09 Mei 2009.
» Sehubungan dengan surat Kepala Pusbindiklatren-Bappenas tertanggal 24 Agustus tahun 2009, mohon informasi calon peserta yang diusulkan oleh institusi kami dengan surat tertanggal 28 Juli 2009. Nama pegawai yang kami usulkan yang tertera dalam lampiran panggilan untuk mengikuti tes TPA (Daftar Nama terlampir) tidak ada?. Surat kami dikirim ke Bappenas pada tanggal 31 Juli 2009 diterima di TU Bappenas. Mohon informasi lebih lanjut, apakah berkas usulan pegawai kami Tidak Memenuhi Syarat Administrasi?
» Sehubungan dengan surat penawaran beasiswa Bappenas tertanggal 18 Maret 2009, ada beberapa pertanyaan dan pernyataan yang ingin saya sampaikan, yaitu : 1. Saya berasal dari instansi DEPARTEMEN KEUANGAN (Ditjen Pajak), tetapi instansi saya tidak tercantum dalam lampiran Surat tersebut di atas, apakah kami dapat mengajukan beasiswa dari BAPENAS ?; 2. Saya berminat mengajukan pendaftaran beasiswa dari BAPENAS untuk Program Pascasarjana di UNPAD untuk bidang MAgister Ekonomi Terapan (MET), mengingat domisili saya di Bandung dan demi kedekatan dengan keluarga saya, apakah saya dapat memilih sendiri universitas yang saya inginkan?; 3. Jika Instansi Kami tidak termasuk Instansi dalam Surat tersebut di atas, mengapa?; 4. Adakah beasiswa sejenis yang dapat memberikan kebebasan PNS untuk memilih lokasi Universitas/ Jurusannya?
» Setelah melihat informasi kelulusan tes TPA tgl 5 September 2009 kemarin, maka saya masih belum dapat lulus. Selanjutnya, sehubungan dengan cukup besarnya keinginan untuk dapat mengikuti program dimaksud untuk tahun 2010, mohon info tes TPA berikutnya untuk beasiswa program tahun 2010, bila masih ada, berikut nilai tes TPA tertanggal 5 September 2009 sebagai bahan koreksi dan evaluasi bagi saya.
:: Jawaban
»

saya peserta beasiswa gelar pusbindiklatren tahun ini. saya sudah mengikuti seleksi TPA nasional yang baru lalu di Semarang. Pada saat itu saya konfirmasi ke petugas dari BAPPENAS bahwa saya telah memiliki hasil TPA Bapenas dari ujian TPA yang saya tempuh bulan Juli tahun ini juga. Kemudian petugas ybs meminta hasil TPA tersebut untuk dilaporkan, sehingga hasil skor yang saya pakai adalah skor TPA yang bulan Juli tersebut (skor 584). pada saat itu saya juga diminta untuk memberikan hasil TOEFL institutional yang sayaambil pada bulan juli dengan skor 560. yang ingin saya tanyakan, nama saya tidak tercantum dalam daftar panggilan TOEFL beasiswa pusbindiklatren, apakah dengan begitu saya sudah dinyatakan gugur dari proses seleksi? demikian mohon tanggapan, dan sebelumnya disampaikan terima kasih.

 

Sesuai catatan kami, status Saudara sudah dianggap memenuhi persyaratan TOEFL. Kami sarankan Saudara untuk menunggu tahapan berikutnya.

  :: back to top
»

Saya staf bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kota. Mohon konfirmasi jadwal diklat teknis perencana dalam waktu dekat yang bisa saya ikuti. Mohon konfirmasi juga, perihal tatacara/jadwal keikutsertaan tes TPA secara individual, apakah bisa saya ikuti, mengingat keterlambatan saya mengikuti tes TPA untuk penerimaan Beasiswa yang lalu karena alasan penting.

 

Untuk pertanyaan jadwal diklat teknis perencana, apakah yang Saudara maksudkan adalah diklat fungsional pejenjangan perencana, diklat substantif perencanaan, atau diklat teknis Penilaian Angka Kredit Perencana? Pada dasarnya kami membuka pengusulan peserta sepanjang tahun, dengan batas waktu pelamaran setiap tanggal 1 Agustus. Usulan yang dating lewat dari tanggal 1 Agustus akan kami proses untuk penawaran beasiswa tahun berikutnya. Untuk jadwal pelaksanaan TPA individu, silakan menghubungi upptpa@yahoo.com atau menghubungi (021) 3911627 dengan Sdr. Ajeng. Jika nilai TPA individu Saudara sudah memenuhi syarat beasiswa Bappenas, dan jangka waktunya pada tanggal 1 Agustus tahun seleksi belum melampaui 2 tahun, dapat dipertimbangkan untuk seleksi beasiswa kami. Demikian, untuk dapat dimaklumi.

  :: back to top
» Berkaitan dengan surat dari Pusbindiklatren Bappenas tentang informasi beasiswa gelar, di salah satu bagian terdapat ketentuan tentang mekanisme pembiayaan, yaitu cost sharing baik type I maupun IV. Dalam mekanisme pembiayaan tersebut sudah dijelaskan mengenai pembagian pembiayaannya antara Pusbindiklatren dengan Pemda asal. Untuk cost sharing type I, biaya yang ditanggung Pemda asal meliputi tunjangan penempatan awal dan tambahan uang saku. Kami mohon penjelasan lebih lanjut tentang pembagian pembiayaan tersebut, berkaitan dengan peraturan yang ada (membolehkan adanya sharing), karena menurut Badan Kepegawaian kami, Pemda tidak boleh mengeluarkan pembiayaan apapun untuk bantuan pegawai yang melaksanakan tugas belajar dimana pegawai tersebut sudah mendapatkan pembiayaan dari instansi lain. Peraturan tersebut berasal dari Peraturan Menteri Keuangan.
  Mengenai pertanyaan yang Saudara tanyakan, kami sayangkan tidak diinformasikan peraturan menteri keuangan nomer berapa, sehingga kami belum bisa mengecek. Namun demikian, sejauh ini pola CS VI sudah diterapkan oleh instansi lainnya, termasuk Departemen Keuangan. Maksud dari pola pembiayaan cost sharing ini kan sudah jelas, bahwa sebagian biaya diberikan oleh pemberi beasiswa, sedangkan sebagian lagi yang tidak ditanggung oleh pemberi beasiswa tapi dibutuhkan dalam proses tugas belajar, menjadi beban instansi asal peserta karena tanggung jawab pengembangan SDM bukanlah 100% menjadi tanggung jawab pemberi beasiswa, tetapi juga tanggung jawab instansi asal peserta. Dengan demikian diharapkan instansi asal juga ikut merencanakan konsep pengembangan SDM-nya (termasuk dukungan pembiayaannya) dan dapat memanfaatkan hasilnya dengan menempatkan pegawai yang sudah selesai tugas belajar sesuai dengan bidang pendidikan yang dipelajarinya. Jadi, menurut hemat kami, mestinya masih memungkinkan diberikannya dukungan sebagian pembiayaan bagi pegawai yang tugas belajar, sejauh komponen dukungan pembiayaan yang dimaksud tidak dibiayai oleh pemberi beasiswa. Misalnya, beasiswa Bappenas tidak menyediakan tunjangan penempatan awal dan uang saku (yang diberikan Bappenas biaya hidup, bukan uang saku), maka komponen pembiayaan tersebut selayaknya disediakan oleh instansi asal peserta.
  :: back to top
» Bersama ini kami mengajukan pertanyaan perihal seleksi TPA &TOEFL tahun 2009, sesuai dengan hasil pengumuman tersebut yang sampai kepada kami bahwa saya lulus untuk seleksi TPA sedangkan untuk seleksi TOEFL dinyatakan tidak lulus. untuk seleksi 2010 kami atas nama diatas tidak mengirimkan formulir untuk tahun 2010. apakah saya dapat langsung diikutkan seleksi TOEFL atau mengirimkan berkas baru untuk memperbaharui berkas yang ada pada panitia seleksi tahun 2009.
  Perlu kami sampaikan bahwa jika calon peserta seleksi telah dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat), dapat dan harus diusulkan kembali oleh atasannya untuk mengikuti seleksi tahun berikutnya, sejauh batas usia masih memenuhi syarat, dan persyaratan administratif lainnya terpenuhi.
  :: back to top
» Mohon maaf sebelumnya, saya mewakili peserta Tes Potensi Akademik dari Pemkab Jepara, yang telah mengikuti TPA pada tanggal 5 September 2009 yang lalu dan bertempat di Gedung MPWK UNDIP Semarang. Menurut Pengumuman yang telah kami lihat dari Kabupaten Jepara tidak ada yang lulus TPA. Jika berkenan kami mohon informasi berapa nilai hasil ujian kami, sehingga untuk tahun depan kami bisa lebih mempersiapkan diri.
  Kami turut prihatin atas hasil seleksi Saudara dan teman-teman. Namun jangan putus asa, sejauh Saudara dan teman-teman masih memenuhi persyaratan administratif masih dimungkinkan untuk mengikuti seleksi beasiswa kami yang berikutnya. Jika ternyata jumlah peserta yang lulus seleksi tahun 2010 jumlahnya masih belum memenuhi target, masih ada kemungkinan pimpinan kami akan memberikan kesempatan tahap II. Jika demikian, Bapak dapat diusulkan kembali oleh instansi dan dapat kami ikutsertakan juga. Mengenai nilai TPA tgl 5 September lalu, akan kami informasikan secara resmi di akhir rangkaian seleksi kepada Kepala BKD dan Kepala Bappeda Prov/Kab/Kota, serta instansi masing-masing dalam surat pengembalian (sekitar bulan Juli 2010).
  :: back to top
» Saya adalah peserta seleksi beasiswa gelar untuk tahun 2009. Pada seleksi Gel II tahun 2009 (bulan Maret 2009) Nilai TPA saya memenuhi syarat untuk mengikuti TOEFL tetapi saya tidak memenuhi syarat TOEFL dan tidak lulus. untuk tahun 2010 saya masih ingi mencoba untuk mengikuti seleksi kembali, apakah saya langsung mengikuti TOEFL (dengan nilai TPA bln Maret 2009) atau bagaimana? atas informasinya saya ucapkan terima kasih
  Sesuai dengan pertanyaan yang Saudara sampaikan, dapat kami informasikan bahwa pada seleksi tahun 2009 status Saudara adalah TMS (tidak Memenuhi Syarat-karena TOEFL belum memenuhi). Untuk mengikuti seleksi berikutnya, Saudara dapat diusulkan kembali sejauh batas usia dan persyaratan lainnya masih memenuhi syarat. Untuk itu, kami menyarankan untuk segera diusulkan kembali oleh instansi Saudara.
  :: back to top
» Saya adalah salah satu alumni penerima beasiswa Pusbindiklatren Bappenas kerjasama Universitas Hasanuddin Makassar Tahun 2003-2004. Saat ini saya berminat untuk melanjutkan pendidikan S3. Saya berminat pada bidang sosial utamanya pembangunan pada negara berkembang (focus pada Urban and Regional Planning). Untuk itu mohon informasi mengenai Program Beasiswa S3 (Doctoral) di Jepang T.A. 2010 termasuk informasi mengenai Kantor Pendukung (EEO).
  Mengingat untuk menjawab pertanyaan tersebut banyak hal yang harus disampaikan, kami harapkan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, kiranya dapat mengakses situs kami di www.pusbindiklatren.bappenas.go.id , atau kami juga sudah mengirimkan buku panduan diklat dan booklet penyelenggara diklat kepada setiap Kepala Bappeda dan Kepala BKD di daerah, silakan dilihat dalam buku panduan dan booklet tersebut. Mengenai Kantor Pendukung (EEO), dengan senang hati kami akan memberikan informasi mengenai EEO kepada setiap penerima beasiswa kami yang sudah lulus seleksi karena salah satu fungsi EEO adalah membantu Bappenas untuk memfasilitasi pelamaran calon peserta di universitas Jepang. Oleh karena itu, sebaiknya ibu melamar beasiswa kami terlebih dahulu, dan jika sudah lulus seleksi, EEO akan membantu Ibu untuk memproses pelamaran ke universitas di Jepang. Sebagai informasi, batas terakhir pengiriman mahasiswa S3 Jepang adalah tahun 2010, yang ditargetkan akan menyelesaikan studinya pada tahun 2013.
  :: back to top
» Saya mahasiswa S2 Linkage Jepang batch 2. Sekarang telah menyelesaikan studi, dan tinggal menunggu wisuda. Sekembalinya ke Indonesia, saya dan teman2 mendengar bahwa kami harus mengurus kelulusan kami ke Dikti Jakarta. Tapi bersamaan dengan hal tersebut, kami juga mendengar dari teman2 yang sudah pernah mengurus ke Dikti bahwa sebenarnya kita tidak perlu mengurus ke Dikti karena semua universitas/jurusan di Jepang yang bekerjasama dengan Bappenas, sudah mendapat pengakuan Dikti. Namun ada juga teman2 yang menginformasikan bahwa pengurusan ke Dikti tetap harus dilakukan, entah sudah ada kerjasama dengan Bappenas ataukah belum. Sehubungan dengan kesimpangsiuran tersebut, kami berharap sekali penjelasan mengenai hal ini. Karena bila memang pengurusan ke Dikti tetap harus dilakukan, secepatnya kami harus mengurus kelengkapan persyaratan dalam sekian hari tersisa masa tinggal kami di Jepang.
  Perihal legalisir ijazah, kami sarankan untuk tetap dilegalisir ke dikti, walaupun sebagian BKD tidak meminta ijazah yang dilegalisir. Pengurusannyapun tidak sulit, jadi tidak ada salahnya untuk dilakukan.
  :: back to top
» Saya peserta seleksi beasiswa S2 Linkage Bappenas dari Sawahlunto, Sumatera Barat dan telah menerima surat pemanggilan untuk mengikuti TOEFL di Padang 10 Oktober 2009 di kampus Unand. Pada saat mengikuti test TPA saya mendapatkan selebaran yang menjelaskan jika telah memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai di atas 450 dan masih di bawah 2 tahun pada saat pelaksanaan seleksi maka dapat dinyatakan lulus ke tahap berikutnya. Saya saat ini telah memiliki sertifikat ITP (institusional) TOEFL dengan skor 487 (copyannya saya lampirkan pada saat pengiriman dokumen), yang saya ikuti pada bulan mei 2008 di ITB Bandung. Apakah sertifikat Toefl yang saya miliki masih bisa digunakan untuk persyarakatan seleksi? Sebagai bukti, apakah saya perlu kirimkan aslinya ke Bappenas?
  Berkaitan dengan pertanyaan Saudara dapat kami informasikan bahwa memang betul jika peserta telah memiliki nilai TOEFL ITP yang sudah memenuhi persyaratan dan masih berlaku yaitu jangka waktu belum mencapai 2 tahun pada tanggal 1 Agustus tahun diklat (2010), terhitung sejak tanggal pelaksanaan tes, dapat dianggap sudah lulus dalam tes TOEFL. Namun demikian, hal ini harus dibuktikan dengan foto kopi nilai TOEFL, atau jika mungkin skor TOEFL yang aslinya. Melihat kasus Saudara, walaupun telah memiliki TOEFL sesuai persyaratan, tetapi tanggal pelaksanaannya adalah Mei 2008, yang pada tanggal 1 Agustus 2010 sudah melewati batas waktu 2 tahun. Sehingga, skor TOEFL tersebut sudah dianggap kadaluarsa. Oleh karena itu, untuk seleksi TOEFL tgl 10 Oktober 2009 nanti, Saudara tetap harus mengikutinya.
  :: back to top
» Saya PNS pada Balai Besar Penelitian Dipterokarpa (B2PD) di Samarinda Kaltim, Saya ingin menanyakan program beasiswa S2 untuk jurusan komputer pada tahun 2010 apa sudah ada / dimulai. Apabila sudah ada/dimulai saya mohon dapat diinformasikan bagaimana prosedur pendaftarannya. Saya sudah mengikuti Test EPT dan Test Potensi Akademik tahun 2009.
  Beasiswa yang kami tawarkan dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas institusi perencanaan melalui pengembangan kompetensi para perencananya, sehingga program studi yang menjadi target tujuan kami adalah bidang perencanaan. Mengingat rencana Saudara ingin memperdalam bidang komputer, maka dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa bidang yang Saudara ingini bukanlah prioritas dari beasiswa yang kami tawarkan.
  :: back to top
» Saya salah seorang yang mengirim lamaran Beasiswa Bappenas2010, Mohon di Informasikan kapan ya pengumuman hasil seleksi administrasi ?
  Sejak tahun 2008, pengusulan calon peserta dibuka sepanjang tahun hingga tanggal 1 Agustus setiap tahunnya. Hasil seleksi administrasi biasanya diumumkan pada minggu III bulan Agustus pada situs kami www.pusbindiklatren.bappenas.go.id, sekaligus mengundang peserta lulus seleksi administrative untuk mengikuti TPA. Bagi usulan yang kami terima melewati tanggal 1 Agustus, akan kami ikutsertakan pada program seleksi berikutnya.
  :: back to top
» Saya seorang PNS pemerintah kota dengan keadaan sebagai berikut : 1. TMT CPNS tanggal 01-12-2002 dalam Golongan II/a 2. TMT PNS tanggal 01-3-2004 Kemudian Saya mengikuti ujian penyesuain ijazah dan lulus sehingga saya menjadi Golongan III/a dengan TMT 01-04-2008. 3. Masa kerja saya dari golongan III/a per 01-08-2009 adalah 01 th 04 bln dan 01 th 08 bln apabila ditambah dengan masa kerja sisa potongan ketika saya naik pangkat ke gol.. III/a kemarin adalah 04 bulan, sehinga masa kerja keseluruhan menjadi 01 tahun 08 bulan per 01-08-2009 nanti. 4. Saya lulus kuliah ( S1 ) di Perguruan Tinggi Swasta di daerah saya dengan jurusan Ilmu Administrasi dan tanggal kelulusan 09 Mei 2009.
  Jika melihat TMT PNS pada golongan III, maka Saudara baru dapat melamar program beasiswa kami pada tahun 2010 untuk program studi yang dilaksanakan pada tahun 2011. Namun demikian, kami juga mensyaratkan bahwa jangka waktu kelulusan S1 calon peserta harus minimal 2 tahun. Kalau dilihat dari tahun kelulusan S1 Saudara, yaitu 09 Mei 2009, maka Saudara baru bisa melamar program kami pada tahun 2011 untuk program studi yang dilaksanakan tahun 2012. Jadi kesimpulan kami, Saudara baru bisa mengikuti seleksi beasiswa Bappenas pada tahun 2011.
  :: back to top
» Sehubungan dengan surat Kepala Pusbindiklatren-Bappenas tertanggal 24 Agustus tahun 2009, mohon informasi calon peserta yang diusulkan oleh institusi kami dengan surat tertanggal 28 Juli 2009. Nama pegawai yang kami usulkan yang tertera dalam lampiran panggilan untuk mengikuti tes TPA (Daftar Nama terlampir) tidak ada?. Surat kami dikirim ke Bappenas pada tanggal 31 Juli 2009 diterima di TU Bappenas. Mohon informasi lebih lanjut, apakah berkas usulan pegawai kami Tidak Memenuhi Syarat Administrasi?
  Sebagaimana yang sudah jelas kami sampaikan di dalam surat penawaran beasiswa, bahwa batas waktu usulan calon peserta seleksi beasiswa Pusbindiklatren Bappenas adalah paling lambat tanggal 1 Agustus 2009. Berkas tersebut dapat disampaikan langsung ke kantor/unit kerja Pusbindiklatren Jl. Taman Surapati No. 2, Lt. 2, (bukan unit kerja lainnya di Bappenas), atau dikirimkan melalui pos ke alamat Jl. Proklamasi 70. Berkenaan dengan usulan dari Kantor Saudara baru kami terima pada tanggal 13 Agustus 2009, yang pada tanggal tersebut sudah melewati batas waktu dan seluruh proses data entry sudah selesai kami lakukan. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, dengan sangat menyesal kami sampaikan bahwa berkas usulan yang dimaksud belum dapat kami proses untuk seleksi beasiswa Pusbindiklatren tahun 2010. Kami akan menginformasikan lebih lanjut apakah usulan tersebut dapat secara langsung kami proses untuk seleksi beasiswa yang berikutnya, atau harus diusulkan kembali.
  :: back to top
» Sehubungan dengan surat penawaran beasiswa Bappenas tertanggal 18 Maret 2009, ada beberapa pertanyaan dan pernyataan yang ingin saya sampaikan, yaitu : 1. Saya berasal dari instansi DEPARTEMEN KEUANGAN (Ditjen Pajak), tetapi instansi saya tidak tercantum dalam lampiran Surat tersebut di atas, apakah kami dapat mengajukan beasiswa dari BAPENAS ?; 2. Saya berminat mengajukan pendaftaran beasiswa dari BAPENAS untuk Program Pascasarjana di UNPAD untuk bidang MAgister Ekonomi Terapan (MET), mengingat domisili saya di Bandung dan demi kedekatan dengan keluarga saya, apakah saya dapat memilih sendiri universitas yang saya inginkan?; 3. Jika Instansi Kami tidak termasuk Instansi dalam Surat tersebut di atas, mengapa?; 4. Adakah beasiswa sejenis yang dapat memberikan kebebasan PNS untuk memilih lokasi Universitas/ Jurusannya?
  Memang saat ini Departemen Keuangan bukan instansi sasaran beasiswa kami, karena Departemen Keuangan (PPSDM) bersama-sama dengan Pusbindiklatren Bappenas melaksanakan program beasiswa yang sama yaitu Professional Human Resource Development Program (PHRDP) III, dengan dukungan pembiayaan dari JICA. Sehingga, calon peserta dari Departemen Keuangan menjadi target peserta dari PPSDM-Depkeu, dan tidak menjadi prioritas beasiswa Pusbindiklatren. Perlu Saudara ketahui, bahwa PHRDP III dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas institusi (institutional development) dan bukan untuk memenuhi kebutuhan individu (individual development). Oleh karena itu, pilihan bidang studi maupun pilihan universitas harus disetujui oleh instansi, i.e. atasan langsung. Jadi kesimpulan kami adalah Saudara belum bisa mengikuti program beasiswa kami.
  :: back to top
» Setelah melihat informasi kelulusan tes TPA tgl 5 September 2009 kemarin, maka saya masih belum dapat lulus. Selanjutnya, sehubungan dengan cukup besarnya keinginan untuk dapat mengikuti program dimaksud untuk tahun 2010, mohon info tes TPA berikutnya untuk beasiswa program tahun 2010, bila masih ada, berikut nilai tes TPA tertanggal 5 September 2009 sebagai bahan koreksi dan evaluasi bagi saya.
  Untuk kesempatan seleksi beasiswa tahun 2010, belum dapat kami pastikan apakah akan ada tahap II. Namun demikian, jika pimpinan kami memutuskan untuk memberikan kesempatan seleksi tahap II, kami akan menyebarluaskan penawaran tersebut kepada seluruh kepala BKD dan Kepala Bappeda Prov/Kab/Kota, serta Departemen/LPND. sehubungan dengan nilai TPA Saudara tgl 5 September, akan kami informasikan kepada instansi di ujung rangkaian seleksi tahun 2010, dalam surat pengembalian (biasanya bulan Juli 2010).
  :: back to top
Galery Foto
 
 
 
 
Indeks

© Copyright PUSBINDIKLATREN 2006. All Right Reserved
Jl. Proklamasi No. 70, Jakarta 10320 Telp. (021)31928280, 31928285. Fax. (021)31928281
e-mail: pusbindiklatren@bappenas.go.id