• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Sharing Session Workshop Program Gelar PHRD-IV


Setelah menyelenggarakan Sharing Session Workshop Program Gelar SPIRIT pada 25 September 2017 yang lalu, Pusbindiklatren Bappenas kembali mengadakan kegiatan serupa untuk Program PHRD-IV. Sharing Session Workshop Program Gelar PHRD-IV digelar pada tanggal 24 Oktober 2017 di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Pusbindiklatren Bappenas.

Kegiatan ini menjadi ajang bagi para alumni program gelar PHRD-IV terseleksi untuk mempresentasikan hasil tesis dan disertasinya kepada stakeholders terkait. Melalui penyebarluasan (sharing session) hasil tesis/disertasi ini, Pusbindiklatren Bappenas berharap agar penyelenggaraan program gelar PHRD-IV memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kapasitas institusi sasaran dan tidak hanya berfokus pada peningkatan kapasitas individual.

Agenda Sharing Session Workshop Program Gelar PHRD-IV diawali dengan pembukaan oleh Nur Hygiawati Rahayu, Kepala Pusbindiklatren Bappenas. Sambutan juga disampaikan perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) selaku lembaga donor program PHRD-IV. Selanjutnya dilakukan serah terima buku Bunga Rampai Tesis/Disertasi PHRD-IV dari Kepala Pusbindiklatren kepada narasumber dan perwakilan alumni. Acara dilanjutkan dengan pemaparan tesis/disertasi dalam dua sesi.

Pada sesi pertama, ditampilkan presentasi dari tiga alumni, yaitu Irfan Wahyudi (dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kota Bukittinggi), Kemas Ahmad Affandi (Bappeda Provinsi Sumatra Selatan), dan Suryani Tajuddin (Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kabupaten Gowa). Adapun pembahas dari ketiga tesis tersebut adalah Pungkas Bahjuri Ali (Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat Kementerian PPN/Bappenas), Hadiat (Direktur Pendidikan dan Agama Kementerian PPN/Bappenas), serta Eko Wiji Purwanto (Perencana Madya di Direktorat Perkotaan, Perumahan, dan Permukiman Kementerian PPN/Bappenas).

Menginjak sesi kedua, para hadirin disuguhkan pemaparan tesis/disertasi dari dua alumni, yaitu Eska Nugrahini Murniati (Bappeda Kabupaten Gunung Kidul) dan Yosi Yosandi (Biro Kepegawaian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Kedua tesis kemudian dibahas oleh Ahmad Dading Gunadi (Direktur Pengembangan UKMK Kementerian PPN/Bappenas), Shri Mulyanto (Perencana Muda di Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas), dan Ratna Sri Mawarti M. (Perencana Utama di Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas).

Pada kegiatan Sharing Session Workshop Program Gelar PHRD-IV ini juga digelar sesi khusus bagi program studi (prodi) untuk sharing strategi dalam menyukseskan penyelenggaraan diklat gelar Pusbindiklatren Bappenas. Beberapa prodi yang didaulat sebagai narasumber, yaitu perwakilan dari Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik Universitas Indonesia, Magister Perencanaan Wilayah Kota Institut Teknologi Bandung, Magister Studi Ilmu Perencanaan Wilayah Institut Pertanian Bogor, dan Magister Perencanaan Pengembangan Wilayah Universitas Hasanuddin.

Pusbindiklatren Bappenas akan mengadakan satu kali lagi kegiatan sharing session yang menggabungkan antara program gelar SPIRIT dan PHRD-IV. Kegiatan ini rencananya akan diadakan pada akhir November 2017.