• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Sharing Session Workshop Program Gelar SPIRIT dan PHRD-IV


Pusbindiklatren Bappenas kembali mengadakan Sharing Session Workshop. Kegiatan yang digelar tanggal 27 November 2017 di Kantor Pusbindiklatren Bappenas Jakarta ini menjadi yang ketiga dalam ‘trilogi’ penyelenggaraan Sharing Session Workshop selama tahun 2017.

Penyelenggaraan pertama dikhususkan bagi program SPIRIT, sedangkan penyelenggaraan kedua dikhususkan bagi program PHRD-IV. Pada penyelenggaraan yang ketiga ini, Pusbindiklatren Bappenas menggabungkan kedua program beasiswa tersebut. Dengan demikian, para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat melihat secara langsung paparan tesis/disertasi dari alumni-alumni program SPIRIT maupun PHRD-IV.

Pada awal kegiatan, Kepala Pusbindiklatren Bappenas, Nur Hygiawati Rahayu, menyampaikan laporan mengenai jumlah tesis/disertasi dari program SPIRIT dan PHRD-IV, pelaksanaan Sharing Session Workshop, hingga pembuatan buku Bunga Rampai Tesis/Disertasi. Selanjutnya, Ketua Steering Committee Program SPIRIT, Slamet Sudarsono, dan perwakilan dari World Bank, Erwin Ariadharma memberikan sambutannya. Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas, Gellwyn Jusuf, membuka kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Berbeda dari dua penyelenggaraan sebelumnya, kegiatan Sharing Session Workshop kali ini menampilkan narasumber yang lebih banyak. Setelah melalui serangkaian proses selaksi, sembilan orang narasumber terpilih untuk memaparkan tesis/disertasinya di hadapan pembahas dan peserta.

Narasumber dari program SPIRIT diwakili oleh Yudiantarti Safitri (dari Lembaga Administrasi Negara/LAN), Elin Cahyaningsih (Badan Kepegawaian Negara/BKN), Alferia Riedatina (Badan Koordinasi Penanaman Modal/BKPM), Arif Widodo (Kementerian PAN-RB), Dewi Amila Solikha (Kementerian PPN/Bappenas), dan Arifin Rosid (Kementerian Keuangan). Adapun program PHRD-IV diwakili oleh Dwi Harini Septaning Tyas (Kementerian PPN/Bappenas), Hendra Subiyanto (Bappeda Kota Magelang), dan Azhari Pamungkas (Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Pemerintah Kota Metro).

Agenda pemaparan tesis/disertasi terbagi menjadi tiga sesi yang masing-masing dipandu oleh Arif Haryana, Suwarno, dan Hermani Wahab dari Kementerian PPN/Bappenas selaku moderator. Setiap tesis yang telah dipaparkan kemudian dibahas oleh pembahas dari direktorat dan pejabat fungsional perencana di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas yang terkait dengan topik tesis/disertasi yang diangkat. Hadir pula pembahas tamu, yaitu Kepala Biro Perencanaan BKN.

Dalam kegiatan ini, Pusbindiklatren Bappenas kembali meluncurkan enam buku Bunga Rampai Tesis/Disertasi untuk program SPIRIT.Keenam buku tersebut mewakili kategorisasi tesis/disertasi dari alumni program beasiswa yang didanai oleh World Bank tersebut, yaitu Sosial dan Politik; Kebijakan Publik dan Administrasi; Hukum, Pendidikan, Budaya, dan Psikologi; Interdisiplin; Geografi; serta Kehutanan, Kesehatan Masyarakat, dan Teknik.

Catatan:
Bagi para peserta yang memerlukan materi paparan dalam kegiatan Sharing Session Workshop SPIRIT dan PHRD-IV dapat mengunduhnya di
https://drive.google.com/drive/folders/18GvUDoBRlNFgBlaOYYNdLHzz78OPaeZM.