• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Bappenas kembali membuka kesempatan mengikuti diklat gelar dan non gelar di dalam dan luar negeri

Sejalan dengan fungsi Bappenas sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana dan sebagai Instansi Penyelenggara Diklat Perencanaan Pembangunan, di dalam rencana anggaran Bappenas tahun dinas 2006, Bappenas kembali akan memberi kesempatan bagi staf perencana yang bekerja di Bappenas, Unit Perencanaan di Departemen/LPND, Bappeda atau nama lain, dan unit perencanaan di Dinas Teknis pada Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota, untuk memperoleh Beasiswa Pusbindiklatren (Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana) 2006 untuk mengikuti diklat gelar atau non- gelar baik di dalam maupun di luar negeri.

PROGRAM BEASISWA YANG DITAWARKAN:
I. Program pendidikan gelar
  1. Program S3 Dalam Negeri: peserta dapat memilih salah satu program studi di Universitas Dalam Negeri yang direkomendasikan oleh Pusbindiklatren.
  2. Program S2 13 bulan di 17 program studi pada 11 Universitas dalam negeri, yang direkomendasikan oleh Pusbindiklatren.
  3. Program S2 double degree pada 6 Universitas di Indonesia yang bekerjasama dengan univeritas di luar negeri: peserta program ini akan mengikuti kuliah selama 1 tahun di salah satu Universitas di Indonesia dan 1 tahun berikutnya di luar negeri, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Sebelum kuliah dimulai, Pusbindiklatren juga memberikan beasiswa kursus bahasa Inggris di Pusat Bahasa yang ditunjuk oleh Pusbindiklatren selama 6 bulan bagi peserta yang mempunyai nilai TOEFL sekurang-kurangnya 450, untuk mencapai nilai TOEFL 550.
    • Apabila peserta tidak dapat mencapai nilai 550, yang bersangkutan masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan nilai TOEFL selama mengikuti tahun pertama program S2 di Indonesia.
    • Apabila tidak lulus seleksi ke luar negeri, maka pada tahun kedua peserta akan meneruskan di dalam negeri, dan untuk itu hanya memperoleh 1 gelar dari universitas di dalam negeri.
    • Mereka yang tidak lulus seleksi luar negeri tersebut, jika nilai TOEFL-nya lebih dari 550 akan mendapatkan biaya hidup selama jangka waktu program reguler pada program studi yang diambil (18 bulan).
    • Sedangkan bagi mereka yang tidak lulus seleksi luar negeri karena nilai TOEFLnya kurang dari 550 hanya akan mendapatkan biaya hidup sampai dengan 13 bulan.
    • Khusus untuk peserta Double Degree di Indonesia dan di Perancis, peserta akan diberikan persiapan bahasa Perancis selama 7 bulan untuk mendapatkan sertifikat DELF 4.
  4. Program S2 di Luar Negeri: program ini memanfaatkan Beasiswa S2 pemerintah asing atau institusi internasional yang selama ini telah tersedia bagi Indonesia, seperti STUNED dari Belanda, ADS dan APS dari Australia, JDS dan Monbukagakusho dari Jepang, beasiswa Kedubes Perancis dari Pemerintah Perancis,dll, bagi peserta yang telah memiliki nilai TOEFL 550. Untuk itu, Pusbindiklatren akan memberikan beasiswa kursus bahasa Inggris (EAP=English for Academic Purpose) di Jakarta selama 6 bulan bagi peserta yang mempunyai nilai TOEFL sekurang-kurangnya 450, dan apabila nilai TOEFL peserta (selama atau setelah kursus) telah mencapai 550, Pusbindiklatren akan membantu peserta untuk memperoleh Beasiswa S2 tersebut di atas. Bagi peserta S2 ke Perancis akan mendapatkan pelatihan bahasa Perancis selama 7 bulan untuk memperoleh sertifikat DELF 4.
II. Program Diklat Non-Gelar (Jangka Pendek)
  1. Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD), selama 1 bulan.
  2. Monitoring dan Evaluasi Program & Proyek , selama 2 minggu.
  3. Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja, selama 2 minggu.
  4. Perencanaan Tata Ruang, selama 1 bulan.
  5. Perencanaan Pembangunan Kelautan dan Daerah Pesisir, selama 1 bulan.
  6. Pengelolaan Hibah dan Pinjaman Luar Negeri, selama 2 minggu.
  7. Perencanaan Investasi Daerah, selama 2 minggu.
  8. Perencanaan Transportasi, selama 2 minggu.
  9. Perencanaan Sosial, selama 2 minggu.
  10. Administrasi Penilaian Angka Kredit Pejabat Fungsional Perencana, selama 1 minggu, khusus bagi calon anggota sekretariat Tim Penilai Angka Kredit Perencana.
  11. Penilaian Angka Kredit Pejabat Fungsional Perencana, selama 1 minggu, khusus bagi anggota atau calon anggota tim penilai angka kredit Pejabat Fungsional Perencana.
  12. Program Magang atau Joint Reasearch, yaitu program diklat non-konvensional dengan cara bekerja atau melakukan joint research di Bappenas selama 4 bulan.
  13. Fungsional Penjenjangan Perencana Pertama, selama 3 bulan, khusus bagi perencana yang telah dan akan masuk JFP.
  14. Fungsional Penjenjangan Perencana Muda, selama 2 bulan, khusus bagi perencana yang telah dan akan masuk JFP.
  15. Fungsional Penjenjangan Perencana Madya, selama 1 bulan, khusus bagi perencana yang telah dan akan masuk JFP.
  16. Fungsional Penjenjangan Perencana Utama, selama 1 minggu, khusus bagi perencana yang telah dan akan masuk JFP.