• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Pemanggilan Calon Peserta Program S2 Linkage Australia (Split Site) Tahun 2017 Gelombang I

Sehubungan dengan telah selesainya proses seleksi dan penempatan gelombang I untuk program S2 Linkage Australia tahun 2017, dengan ini kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

1.    Staf Saudara (terlampir) telah terseleksi menjadi calon peserta Program S2 Linkage Australia tahun 2017yang akan dilaksanakan di Program Studi Perencanaan Pengembangan Wilayah (Regional Planning), Pascasarjana Universitas Hasanuddin dan Program Master Ilmu Lingkungan (Master of  Environmental Science, Environmental Protection), Griffith University.

 

2.      Program S2 Linkage Australia merupakan program master dua tahun perkuliahan dengan mekanisme khusus. Kuliah pada tahun pertama dilaksanakan di Indonesia dengan menggunakan sumber dana beasiswa Pusbindiklatren Bappenas. Kuliah tahun kedua dilaksanakan di Australia (apabila lulus seleksi pada universitas di Australia) dengan menggunakan sumber dana Australia Awards in Indonesia dan di akhir perkuliahan peserta berhak mendapat dua gelar dari masing–masing universitas tersebut.

 

3.      Setiap calon peserta S2 Linkage Australiadiwajibkan untuk mengikuti program persiapan Bahasa Inggris atau English for Academic Purposes (EAP) selama kurang lebih 6 bulansecara penuh di Indonesia Australia Language Foundation (IALF) Denpasar setelah proses perkuliahan di Indonesia selesai dilaksanakan.

 

4.      Program S2 Linkage Australia dilaksanakan secara cost sharing, dengan rincian:

  • Pusbindiklatren Bappenas menanggung biaya: (i) tuition fee di Indonesia; (ii) tunjangan biaya hidup (sesuai dengan standar biaya masukan Kementerian Keuangan)
  • Australia Awards in Indonesia akan menanggung biaya: (i) tuition fee saat pelatihan bahasa dan perkuliahan di Australia; (ii) tunjangan biaya hidup (sesuai dengan standar Australia Awards in Indonesia); (iii) uang tiket pulang-pergidi dalam negeri dari tempat asal peserta ke IALF Denpasar; dan d). uang tiket pulang-pergidari tempat asal peserta ke Australia.
  • Instansi asal menanggung biaya: (i) uang tiket pulang-pergi dari tempat asal peserta ke Universitas Hasanuddin; (ii)penempatan awal program; dan (iii) uang saku peserta.

 

5.      Dalam rangka memenuhi kelengkapan administrasi, seluruh calon peserta diwajibkan:

 

a)  Menyiapkan dokumen kelengkapan administrasi 5 (lima) surat sesuai format terlampir, yang terdiri dari Surat Tugas, Surat Pernyataan, Surat Perjanjian, Surat Penempatan Kembali dan Surat Cost Sharing.

 

b)Mengunggah/upload buku tabungan (non-gaji dan belum pernah digunakan untuk menerima uang negara) KTP, dan NPWP dalam website Pusbindiklatren Bappenas di www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/pemantauan. (panduan terlampir)

 

6.      Seluruh kelengkapan administrasi dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap dengan rincian 1 (satu) asli dan 1 (satu) salinan cap basah. Kelengkapan administrasi tersebut dikirimkan kepada Pusbindiklatren Bappenas (Beasiswa Diklat Gelar) dengan alamat Jalan Proklamasi No 70, Jakarta Pusat 10320, paling lambat tanggal 24 Juli 2017.

 

7.      Seluruh calon peserta diwajibkan untuk memenuhi ketentuan sebagai berikut :

 

a)    Bersedia menerima sanksi apabila Pusbindiklatren dan/atau Program Studi menemukan informasi yang berbeda mengenai: a) Status Kepegawaian seperti masa kerja dan pangkat/golongan ruang; b) Status pendidikan terakhir baik yang telah selesai maupun yang sedang dijalani, misalnya calon penerima beasiswa Pusbindiklatren sudah berpendidikan S2 atau sedang mengikuti program S2 di tempat lain;

 

b)      Tidak mengambil cuti akademis dengan alasan apapun;

 

c)      Mengikuti semua prosedur dan ketentuan yang ditetapkan masing–masing Program Studi.

 

d)     Memberikan konfirmasi kepada Pusbindiklatren apabila tidak bersedia mengikuti program studi yang ditandatangani serendah–rendahnya oleh Eselon II sesuai dengan jadwal penempatan terlampir dan/atau tidak mendapatkan izin dari atasan.

  • Jika calon peserta mengundurkan diri SETELAH tanggal 3 Juli 2017, yang bersangkutan DIWAJIBKAN untuk mengganti biaya seleksi Pusbindiklatren Bappenas, yang jumlahnya akan diberitahukan kemudian.

 

 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Saudara untuk segera menyampaikan informasi ini kepada calon peserta yang tercantum dalam lampiran dan membantu proses pengurusan administrasi yang diperlukan. Seluruh calon peserta S2 Linkage Australia akan segera dihubungi oleh pihak program studi.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

 

File unduhan : 20170524 S Pemanggilan Calon Peserta S2 Linkage Australia Gelombang I Tahun 2017.pdf