Panggilan Tes Potensi Akademik (TPA) Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Gelombang II Tahun 2020

Sehubungan dengan surat kami nomor 02/P.01/01/2020 tanggal 6 Januari 2020 perihal Seleksi Gelombang II Program S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2020, bersama ini kami sampaikan daftar nama calon peserta yang lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti Seleksi TPA, yaitu:

1.      Pelamar yang telah mendaftar online, mengirimkan kelengkapan dokumen dan sudah memenuhi syarat (MS) administrasi, yakni:

a.      Minimal Pegawai Negeri Sipil Golongan IIIa 100 persen selama 1 tahun;

b.      Minimal berlatar pendidikan D4/S1 untuk pelamar S2 selama 2 tahun; dan

c.      Usia maksimal 37 tahun per 1 Agustus 2020 dan/atau kelahiran pada dan setelah 31 Juli 1983, kecuali untuk peserta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari instansi pemerintah daerah tertinggal yakni maksimal 42 tahun untuk pelamar program S2;

2.      Pelamar yang telah mendaftar online dan telah mengirim kelengkapan dokumen yang terdiri dari:

a.      Surat usulan yang ditandatangani oleh pejabat yang bertanggung jawab kepegawaian;

b.      Formulir beasiswa Pusbindiklatren yang diisi lengkap dan ditandatangani pejabat yang bertanggung jawab kepegawaian;

c.      Surat Pernyataan Pengembangan SDM yang ditandatangani oleh pejabat yang bertanggung jawab kepegawaian;

d.      Dokumen Human Capital Development Plan (HCDP) dan/atau dokumen yang menyatakan bahwa HCDP sedang dalam proses penyusunan;

e.      SK pengangkatan PNS dan SK pangkat terakhir yang dilegalisasi;

f.       Ijazah D4/S1 untuk pelamar beasiswa S2;

g.      Transkrip nilai D4/S1 untuk pelamar S2;

3.      Pelamar yang sudah mendaftar di tahun 2019, sudah mendaftar dan diusulkan kembali oleh instansinya untuk tahun 2020;

4.      Pelamar yang sudah mengikuti seleksi nasional TPA gelombang 1, tetapi belum memenuhi persyaratan dalam nilai TPA.

TPA akan dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 14 Maret 2020 mulai jam 08.00 pagi waktu setempat, di tempat–tempat sebagaimana tertera dalam lampiran. Peserta diwajibkan hadir 30 (tiga puluh) menit sebelum tes dimulai. Peralatan yang WAJIB dibawa oleh peserta adalah: a. Pensil 2B; b. Peruncing Pencil; c. Karet Penghapus; d. Kartu Identitas Diri yang masih berlaku; dan e. Papan Berjalan (Papan Alas Menulis).

Pembiayaan TPA dilaksanakan melalui mekanisme cost sharing. Pusbindiklatren menanggung biaya tes yaitu: biaya bahan, sewa ruang, pengawas dan penanggung jawab lokal, sedangkan instansi asal peserta menanggung biaya transportasi (tiket perjalanan PP) dari dan ke lokasi ujian serta perdiem untuk setiap peserta tes.

Perlu kami sampaikan bahwa Pusbindiklatren Bappenas telah memulai kerja sama untuk menyelenggarakan program beasiswa S2 Dalam Negeri Tematik Smart City. Program S2 Dalam Negeri Tematik Smart City dilaksanakan untuk memfasilitasi penyusunan Masterplan Smart City agar dapat lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan pembangunan yang ada di daerah masing-masing. Sebagai informasi tambahan, program S2 Dalam Negeri Tematik Smart City dirancang sebagai program 24 bulan dengan asumsi adanya kegiatan magang di salah satu kota atau kabupaten yang telah menyelenggarakan program Smart City.

Peserta yang hendak mengganti pilihan program studinya menjadi salah satu program studi penyelenggara program S2 Dalam Negeri Tematik Smart City dan/atau program studi S2 Dalam Negeri lainnya, dapat melakukan perubahan pilihan program studi dan mengirimkan formulir perubahan pilihan program studi paling lambat saat pelaksanaan TOEFL pada tanggal 4 April 2020.

Bagi Peserta yang dinyatakan lulus TPA akan kami panggil untuk mengikuti tes Bahasa Inggris (ITP – TOEFL) pada tanggal 4 April 2020*. Selanjutnya kami mohon bantuan Saudara untuk menyampaikan informasi ini kepada pihak terkait atau meneruskannya kepada calon peserta masing–masing.

Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik, diucapkan terima kasih.

File unduhan : Pemanggilan-TPA-Gelombang-II-Tahun-2020.pdf