Seleksi Program Beasiswa S2 Dalam Negeri dan S2 Tematik Smart City Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2023

Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas membuka kesempatan bagi para PNS yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, unit perencanaan di kementerian/lembaga/daerah, unit kerja lainnya yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan, dan/atau para PNS yang uraian pekerjaannya berhubungan dengan perencanaan pembangunan untuk mengikuti Program Beasiswa yang dikelola Pusbindiklatren Bappenas tahun 2023. Program beasiswa yang ditawarkan meliputi program beasiswa S2 Dalam Negeri dan S2 Tematik Smart City.

Calon peserta Program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2023 diharuskan mendaftar melalui situs http://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id. Pendaftaran melalui faksimile dan pos-el (email) tidak kami proses lebih lanjut. Proses seleksi Program Beasiswa meliputi tahapan administrasi, tes potensi akademik(TPA), dan test of english as a foreign language (TOEFL). Persyaratan administrasi berupa dokumen pendukung dikirimkan secara langsung atau melalui jasa pengiriman ke: Pusbindiklatren Bappenas (Beasiswa Pendidikan Gelombang 2 Tahun 2023), Jalan Proklamasi No. 70, Jakarta Pusat 10320, paling lambat tanggal 27 Maret 2023 (cap pos).

Dokumen pendukung pengusulan calon penerima beasiswa yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut: 

  1. Surat usulan dari Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD setempat dengan tembusan eselon 2 atasan langsung, yang menyebutkan nama peserta yang diusulkan dan telah memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan, belum pernah mengambil/memiliki gelar S2 untuk yang melamar beasiswa S2;
  2. Hasil cetak formulir registrasi online yang telah diisi lengkap, bermeterai, bertanda tangan asli calon peserta dan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD serta stempel cap basah pada posisi tanda tangan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD;
  3. Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi dan cap basah;
  4. Salinan SK kepangkatan III/a dan SK terakhir yang telah dilegalisasi;
  5. Formulir pernyataan pengembangan SDM yang ditandatangani oleh Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD serta disesuaikan dengan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia di masing-masing instansi (formulir terlampir); serta
  6. Dokumen Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Human Capital Development Plan (HCDP) yang terdapat di masing-masing instansi, sesuai dengan surat kami dengan nomor 847/P.01/05/2019 pada tanggal 29 Mei 2019 perihal Hasil dan Tindak Lanjut Kegiatan Rapat Koordinasi dan Workshop Penyusunan Rencana Pengembangan SDM ASN Pembangunan.

Apabila dalam kegiatan Seleksi Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Gelombang 2 Tahun 2023 terjadi penyimpangan atau pelanggaran kode etik oleh pegawai Pusbindiklatren, Saudara dapat melaporkan tindakan tersebut ke surel pusbindiklatren@bappenas.go.id atau Inspektorat Kementerian PPN/Bappenas dengan dilengkapi bukti otentik (identitas pelapor akan dijamin kerahasiaannya)

Panduan Pelaksanaan Program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2023 disampaikan terlampir. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi:

Kantor Pusbindiklatren Bappenas
Tim Penyelenggaraan Pendidikan
Jalan Proklamasi no. 70 Jakarta Pusat 10320
Telepon: 021 31928280, 31928285
Pos-el: pusbindiklatren@bappenas.go.id
Situs: htttp://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id

Atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih

File unduhan : 343-Surat-Penawaran-Beasiswa-S2-DN-dan-Tematik-Smart-City-2023-QR_sign_rev.pdf