Konsinyering Pembahasan Hasil Psikotes Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Angkatan Tahun 2020

Rabu, 21 Apr 2021 | 08:37:36 WIB - Oleh admin


Konsinyering Pembahasan Hasil Psikotes Beasiswa  Pusbindiklatren Bappenas Angkatan Tahun 2020

Pada tanggal 19-21 April 2021 diadakan kegiatan Konsinyering Pembahasan Hasil Psikotes Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Angkatan Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Courtyard by Marriott Bandung Dago. Psikotes ini sangat penting untuk mempertimbangkan apakah karyasiswa dapat beradaptasi dengan lingkungan studi di luar negeri dan dapat mempersiapkan diri dalam memaksimalkan potensi diri di dalam menjalani kehidupan di tempat tujuan studi di luar negeri. Berdasarkan pengalamannya, Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) telah mengadakan pengujian ini sejak tahun 2018.

Pada pelaksanaan kegiatan konsinyering, karyasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok (breakout room) sesuai dengan universitas ketika menjalani perkuliahan di Indonesia di tahun pertama. Sementara, Pusbindiklatren beserta konsultan menginformasikan hasil psikotes kepada setiap karyasiswa. Selain melaporkan hasil psikotes, sebagai salah satu kebijakan terhadap pelaksanaan studi di luar negeri, khususnya di Jepang, panitia pelaksana memberikan kesempatan kepada satu per satu karyasiswa untuk bertatap muka dan berkonsultasi tentang berbagai hal seperti apa saja yang mereka khawatirkan dan hal-hal yang ingin mereka konfirmasikan sebelum menjalani studi di luar negeri.

Melalui pelaksanaan psikotes ini, kesadaran seseorang dapat dianalisis, dan sekaligus dapat mengetahui diri seseorang dari sisi objektif yang tidak disadari orang tersebut. Dengan memasukkan penilaian ini sebelum belajar di luar negeri, diyakini bahwa kegiatan ini dapat memperjelas pemahaman karyasiswa mengenai kekuatan dalam diri mereka dan tantangan yang harus mereka hadapi dalam menjalani studi di luar negeri, sehingga membuat pengalaman belajar mereka di luar negeri menjadi lebih bermakna.

Melalui kegiatan psikotes ini pula, dapat diukur apakah para karyasiswa siap atau tidak untuk menjalani studi di luar negeri. Dari hasil psikotes tersebut, ternyata diketahui bahwa umumnya seluruh peserta ujian psikotes dinyatakan ‘Siap’ dan ‘Cukup Siap’ untuk menjalani studi di Jepang melalui skema Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Angkatan Tahun 2020 Program PHRD IV.

Dari kesan yang didapat dari karyasiswa peserta psikotes ini, banyak karyasiswa yang menjawab bahwa pelaksanaan psikotes ini sangat bermanfaat bagi mereka. (YTF)



Senin, 29 Mar 2021, 08:37:36 WIB Oleh : admin 145 View
Kegiatan Pemantauan Daring Karyasiswa PHRD IV Linkage Program Angkatan Tahun 2019

Tuliskan Komentar