Monitoring Karyasiswa Overseas Program PHRD di Jepang

Senin, 18 Feb 2019 | 11:01:16 WIB - Oleh admin


Monitoring Karyasiswa Overseas Program PHRD di Jepang

Sebagai upaya untuk memastikan kegiatan studi karyasiswa Pusbindiklatren berjalan baik, khususnya karyasiswa program S2 Reguler/S3 Luar Negeri serta S2 Linkage, pada bulan Februari 2019 PT. Trippcons Internasional melaksanakan Monitoring & Evaluasi (Monev) terhadap karyasiswa Pusbindiklatren yang berada di Jepang. Kegiatan monev dilaksanakan untuk memantau perkembangan studi karyasiswa yang berada di GRIPS, Takushoku University, Yokohama National University (YNU), Rikkyo University, Waseda University, Ritsumeikan University (Kinugasa Campus dan Osaka Campus), Nagoya University, serta Kobe University.

Tim Monev bertemu langsung dengan beberapa karyasiswa dan penanggung jawab program studi (prodi) di universitas di Jepang.  Melalui kegiatan monitoring, Tim Monev mendengar serta mengetahui secara langsung keadaan dan tantangan yang dihadapi oleh karyasiswa, perkembangan dari sisi akademis/pendidikan karyasiswa serta berkoordinasi dengan prodi universitas di Jepang, membangun hubungan komunikasi yang baik dengan karyasiswa dan Prodi universitas di Jepang.

 

Hasil dari kegiatan Monev tersebut kemudian disusun dalam laporan tertulis dan diserahkan kepada Pusbindiklatren sebagai bahan evaluasi dan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan terkait dalam pelaksanaan program PHRD IV serta perencanaan untuk program periode berikutnya. Pusbindiklatren memiliki harapan yang sangat besar agar seluruh Karyasiswa Indonesia yang belajar di Jepang dapat menyelesaikan pendidikannya sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Oleh karenanya, Tim Monev melakukan pemutakhiran (update) perkembangan kemajuan studi karyasiswa.

 

Menurut Tim Monev, para karyasiswa yang ditemui sangat antusias dan merespons dengan baik serta menyambut Tim Monev yang berkunjung menemui mereka. Pertemuan Tim Monev dengan karyasiswa dilaksanakan lingkungan kampus ataupun di apartemen tempat tinggal karyasiswa. Metode yang digunakan oleh Tim Monev untuk menggali informasi dari para responden adalah melalui metode pemberian kuesioner dan wawancara secara langsung. Dalam hal interview secara langsung, Tim Monev mendalami beberapa pertanyaan terbuka sesuai pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner kepada karyasiswa dan beberapa pertanyaan lainnya yang berkembang. (YTF)



Kamis, 14 Sep 2017, 11:01:16 WIB Oleh : admin 117 View
Graduation Ceremony GRIPS
Rabu, 26 Des 2018, 11:01:16 WIB Oleh : admin 163 View
Update Pemantauan Karyasiswa

Tuliskan Komentar