Rapat Koordinasi Program PHRD IV Bersama Dengan Universitas Mitra di Jepang

Selasa, 27 Apr 2021 | 07:20:15 WIB - Oleh admin


Rapat Koordinasi Program PHRD IV Bersama Dengan Universitas Mitra di Jepang

Penyelenggaraan Program Professional Human Resource Development (PHRD) IV melibatkan beberapa pemangku kepentingan (stakeholder) yang bekerjasama dan mendukung pelaksanaan program ini sehingga dapat berjalan sesuai baik. Oleh karena itu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (Bappenas RI) pada tanggal 27 April 2021 melaksanakan PHRD IV Virtual Coordination Meeting yang melibatkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo, Japan International Cooperation Agency (JICA), Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, universitas mitra di Jepang dan konsultan PT. Trippcons Internasional.

 

Pertemuan yang berlangsung mulai pukul 10.00 JST (atau sekira pukul 08.00 WIB) dan berakhir pada pukul 12.00 JST (atau sekira pukul 12.00 WIB) tersebut dimulai dengan sambutan dari Dr. Guspika, MBA selaku Kepala Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren). Dalam sambutannya, Kepala Pusbindiklatren menyampaikan bahwa program PHRD IV ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) secara khusus sebagai ASN perencana yang nantinya kembali dan bertugas di unit kerja masing-masing. Oleh sebab itu, Pemerintah Republik Indonesia tetap mengupayakan agar proses penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan melalui program PHRD IV dapat terlaksana dengan baik sekalipun saat ini dunia sedang dilanda penyebaran virus Covid-19. Dilaksanakannya rapat koordinasi yang diselenggarakan secara virtual menjadi bukti bentuk komitmen dalam pelaksanaan tugas pemantauan perkembangan pendidikan karyasiswa dan upaya membangun komunikasi yang baik antara Pusbindiklatren dengan seluruh stakeholder program PHRD IV ini. Biasanya, kegiatan pertemuan seperti ini dilakukan sekali setahun dan dilaksanakan di Jepang bersamaan dengan kegiatan pemantauan ke masing-masing universitas mitra di Jepang dan melihat secara dekat aktivitas dan kehidupan karyasiswa program PHRD IV di Jepang.

 

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo Prof. Dr. Ir. Yusli Wardiatno, M.Sc. yang merupakan penanggungjawab pendidikan di Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo juga memberikan sambutan pada kesempatan tersebut, seraya mengharapkan agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Sementara dari JICA Indonesia, sambutan disampaikan oleh Shunsuke TAKATOI, Senior Representative JICA Indonesia, yang mengharapkan tetap terbangunnya komunikasi dan koordinasi yang lancar, sekali pun tidak bisa bertemu secara tatap muka seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Dalam kesempatan tersebut pihak Bappenas menyampaikan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara (SDM ASN) dengan harapan para ASN ini nantinya diharapkan mampu untuk menuangkan ide atau gagasannya dalam mendukung pembangunan di Indonesia. Sementara, tim konsultan dari PT. Trippcons Internasional lebih menitiberatkan penyampaian materinya pada perkembangan penyelenggaraan PHRD IV terutama pada pendidikan karyasiswa di masa pandemi Covid-19.

 

Universitas mitra di Jepang yang turut berpartisipasi dalam pertemuan koordinasi kali ini menyampaikan harapannya agar kerja sama dalam program PHRD IV terus dapat dilanjutkan di masa yang akan datang. Para universitas mitra menyambut baik program PHRD IV ini dan memberi dukungan sepenuhnya secara khusus dengan meningkatkan pelayanan pendidikan di internal masing-masing universitas mitra di Jepang. Selain itu, pihak universitas mitra menyatakan kesediaan mereka untuk memperkenalkan dan mempromosikan pendidikan di universitas masing-masing. Pertemuan koordinasi merupakan wadah seluruh pemangku kepentingan untuk berbagi informasi dan ajang bertukar pikiran serta pendapat untuk mensukseskan program PHRD antara lain dengan menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di bidang pendidikan. (YTF).




Tuliskan Komentar