Tim Pusbindiklatren Melaksanakan Kegiatan Monev Scholarship Management Training Program di Jepang

Sabtu, 24 Nov 2018 | 10:56:57 WIB - Oleh admin


Tim Pusbindiklatren Melaksanakan Kegiatan Monev Scholarship Management Training Program di Jepang

Dalam rangka menjamin pelaksanaan Diklat berjalan dengan baik dan bersamaan dengan pelaksanaan Workshop Kerja Sama Indoensia dan Jepang, pada tanggal 17-24 Nopember 2018, Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Pusbindiklatren Bappenas Republik Indonesia melakukan kunjungan ke beberapa tempat di negeri matahari terbit. Salah satu di antaranya ialah mengunjungi Kantor Kementerian Luar Negeri Jepang (Kemenlu Jepang) pada tanggal 20 November 2018. Tim terdiri dari Dr. Guspika, MBA (Kepala Pusbindiklatren, Kementerian PPN/Bappenas),Dra. Tuti Riyati, MA, (Inspektur Bidang Kinerja Kelembagaan, Kementerian PPN/Bappenas), Wignyo Adiyoso, S.Sos,MA,Ph.D (Kepala Bidang Pengembangan dan Program Pusbindiklatren, Kementerian PPN/Bappenas) dan Karyoto, S.Sos (Kepala Subbidang Pengembangan Sarana dan Prasarana, Informasi, dan Layanan Diklat, Pusbindiklatren, Kementerian), didampingi oleh Yuji Hamada (Team Leader PT. Trippcons Internasional)

Pihak Kemenlu Jepang menyambut baik kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Tim Pusbindiklatren Bappenas RI sebagai bentuk perhatian Pemerintah Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim dan agraris ini juga merupakan bagian dari komitmen atas kerjasama yang selama ini terjalin dengan baik. Kemenlu Jepang mendukung sepenuhnya program Professional Human Resource Development (PHRD), dan berharap kerjasama antara kedua negara, Indonesia dan Jepang, dapat lebih ditingkatkan di masa yang akan datang.

Selain berkunjung ke Kemenlu Jepang, Tim Monev yang juga didampingi oleh Oktorika, SE.Ak, MM (Kepala Bagian Program dan Anggaran, Biro Renortala, Kementerian PPN/Bappenas), Agus Sutarman, SE, MAP, MIDS (Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi, Biro Renortala, Kementerian PPN/Bappenas), Swasti Ayuningsih, SE.Ak (Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial 4 Direktorat Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Keuangan) dan Jani Arjanto (Kepala Sub Direktorat Harmonisasi Peraturan Jaminan Sosial-Direktorat Harmonisasi Peraturan Penganggaran, Kementerian Keuangan) secara langsung mengunjungi kegiatan Management Scholarship Training Program yang sedang berlangsung di JICA Tokyo Center.

Tim Monev berkesempatan bertemu dengan trainer Prof. Yuriko Sato, Ph.D. (Associate Professor dari Tokyo Institute of Technology). Prof. Sato mengemukakan bahwa peserta training sangat antusias dan aktif mengikuti setiap sesi pelatihan management scholarship training program. Hal ini sangat membanggakan dan Prof. Sato mengapresiasi kerja keras Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) secara khusus SDM di dalam mengelola beasiswa pemerintah.

Training dengan topik scholarship management berlangsung selama dua minggu berturut-turut dan diikuti oleh peserta dari Indonesia sebanyak 25 orang dari Kementerian PPN/Bappenas yang terdiri dari Biro Sumber Daya Manusia, Inspektorat Utama (Inspektorat Bidang Kinerja Kelembagaan, Inspektorat Bidang Administrasi Umum), Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren), Pusat Analisis Kebijakan dan Kinerja (PAKK), Pusat Data dan Informasi Perencanaan Pembangunan (Pusdatinrenbang), Biro Hukum, Biro Umum, Biro Hubungan Masyarakat dan Tata Usaha Pimpinan serta Biro Perencanaan, Organisasi dan Tata Laksana (Biro Renortala).

Kegiatan monev yang dilakukan ini untuk mengetahui dan memastikan pelatihan berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan yang diharapkan, termasuk materi, kurikulum, fasilitas dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan training.

Acara pertemuan ditutup dengan makan siang bersama Tim Monev, perwakilan PT. Trippcons Internasional serta seluruh peserta training scholarship management. Para peserta tidak menyia-nyiakan momen tersebut dengan memanfaatkan waktu yang tersedia untuk menyampaikan informasi kegiatan yang selama ini telah diikuti dan mereview kembali materi yang diterima dari Ibu Yuriko Sato, Ph.D. Selama mengikuti pelatihan, para peserta mendapatkan banyak manfaat dan informasi yang dapat menunjang kinerja dan mendukung keberhasilan program PHRD. (HSM/ YTF).


Kamis, 14 Sep 2017, 10:56:57 WIB Oleh : admin 96 View
Graduation Ceremony GRIPS
Rabu, 26 Des 2018, 10:56:57 WIB Oleh : admin 139 View
Update Pemantauan Karyasiswa
Rabu, 05 Des 2018, 10:56:57 WIB Oleh : admin 143 View
Focus Group Discussion Kurikulum Program Studi PHRDIV

Tuliskan Komentar