• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Seminar Nasional & Temu Alumni Beasiswa OTO/Pusbindiklatren 2017


Pusbindiklatren Bappenas baru saja menyelenggarakan sebuah acara besar bertajuk Seminar Nasional dan Temu Alumni Beasiswa OTO/Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas 2017. Acara baru pertama kali terselenggara ini mempertemukan seluruh alumni dari berbagai daerah di Indonesia yang pernah mendapatkan beasiswa diklat gelar maupun non-gelar dari Pusbindiklatren Bappenas, sejak tahun 1983 saat masih bernama Overseas Training Office (OTO) hingga saat ini.

Acara yang berlangsung pada tanggal 1-2 November 2017 di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara Jakarta tersebut dihadiri tidak kurang dari 450 peserta dan tamu undangan. Pada penyelenggaraan hari pertama, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, hadir untuk membuka acara. Selanjutnya, para peserta mengikuti Seminar Nasional yang terbagi menjadi dua sesi.

Seminar Nasional sesi pertama mengusung tema “Kebijakan dan Strategi Peningkatan Kualitas SDM ASN” yang menghadirkan dua narasumber, yaitu Setiawan Wangsaatmaja (Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian PAN-RB) dan Junino Jahja (Deputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan BP Batam). Agus Pambagio (Mantan Ketua YLKI) didaulat sebagai moderator sesi pertama. Adapun Seminar Nasional sesi kedua mengangkat tema “Peran dan Kontribusi Alumni dalam Pembangunan” dengan narasumber Rohidin Mersyah (Wakil/Plt. Gubernur Provinsi Bengkulu), Rosiady H. Sayuti (Sekretaris Daerah Provinsi NTB), dan Sultan Suhab (Dosen Universitas Hasanuddin). Agus Sutiadi (Kepala Biro Perencanaan BKN) bertindak selaku moderator sesi ini.

Pada malam harinya, panitia mengadakan acara ramah tamah dengan para alumni. Acara ini dihadiri para alumni dari berbagai generasi termasuk mantan pimpinan dan mantan pengurus OTO/Pusbindiklatren. Dalam sesi yang dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas ini, beberapa perwakilan alumni  menyampaikan pengalaman selama mengikuti diklat gelar maupun non-gelar yang diselenggarakan OTO/Pusbindiklatren. Selain itu, peserta yang hadir juga dapat menikmati sajian musik, video kenangan, serta kuis dan permainan yang disiapkan panitia.

Hari kedua, acara diawali dengan sesi pemaparan bertajuk “Pentingnya Jejaring Alumni”. Sebagai narasumber, dihadirkan perwakilan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) dan World Bank. Keduanya merupakan lembaga donor program beasiswa SPIRIT dan PHRD yang diselenggarakan oleh Pusbindiklatren Bappenas.  Sesi ini dimoderatori oleh Dadang Solihin (Rektor Universitas Darma Persada Jakarta).

Selanjutnya peserta mengikuti sesi diskusi kelompok yang dipimpin oleh Shri Mulyanto dari Pusbindiklatren Bappenas. Dalam sesi diskusi ini, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A mengambil tema “Kebijakan dan Strategi Peningkatan Kualitas SDM ASN”, sedangkan Kelompok B membahas tema “Peran dan Kontribusi Alumni dalam Pembangunan”. Diskusi ini menghasilkan suatu rumusan yang dapat dijadikan panduan bagi para alumni.

Setelah selesai sesi diskusi, peserta kemudian mengikuti pembentukan forum alumni yang dipandu oleh Wignyo Adiyoso dan Wahyu Pribadi dari Pusbindiklatren. Dalam sesi pembentukan forum alumni ini juga dibentuk tim formatur yang terdiri atas sembilan orang alumni, yaitu Fithriati (Pemkab. Sumbawa), Hanan Nugroho (Bappenas), Herdiana (Kementerian Kelautan dan Perikanan), Tatang Mutaqin (Bappenas), Sabarudin (Universitas Sriwijaya), Sugianto (Universitas Syiah Kuala), Suprihantono (Pemprov. Jawa Tengah), Dadang Solihin (Rektor Universitas Darma Persada Jakarta/eks Bappenas), dan Abiratno (swasta/eks Bappenas).

Rangkaian kegiatan Seminar Nasional dan Temu Alumni Beasiswa OTO/Pusbindiklatren ini diakhiri dengan sambutan penutup dari Nur Hygiawati Rahayu (Kepala Pusbindiklatren Bappenas). Pusbindiklatren Bappenas mengucapkan terima kasih atas antusiasme dan keikutsertaan para peserta dari berbagai penjuru daerah dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat terlaksana kembali pada tahun-tahun berikutnya dengan lebih baik.

Catatan:

Para peserta yang ingin memperoleh materi acara (bahan paparan/presentasi, foto, video, dan lain-lain) dapat mengunduh melalui situs www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/temu_alumni.