Sharing Session Workshop Program Gelar SPIRIT 2017


Pada hari Senin 25 September 2017 yang lalu, Pusbindiklatren Bappenas mengadakan kegiatan “Sharing Session Workshop Program Gelar SPIRIT 2017”. Kegiatan yang mengambil lokasi di Ruang Rapat SS 1­–3, Kantor Pusat Bappenas,  tersebut bertujuan untuk mempresentasikan sekaligus mendiskusikan hasil tesis/disertasi dari alumni Program Gelar SPIRIT terpilih kepada stakeholders terkait.

Mengawali acara, Nur Hygiawati Rahayu, Kepala Pusbindiklatren Bappenas selaku Ketua Project Implementation Unit (PIU) Program SPIRIT, memaparkan laporan mengenai perkembangan pelaksanaan Program Gelar SPIRIT terkait dengan jumlah alumni dan jumlah tesis/disertasi alumni yang telah diterima Pusbindiklatren Bappenas pada periode (intake) 2011–2015. Selanjutnya, Erwin Ariadharma, perwakilan dari World Bank selaku lembaga donor Program SPIRIT, menyampaikan sambutannya. Kegiatan ini kemudian dibuka oleh Slamet Soedarsono, Deputi Bidang Politik Hukum dan Keamanan Bappenas selaku Ketua Steering Committee Program Gelar SPIRIT.

Acara inti berupa presentasi tesis/disertasi dari lima alumni Program Gelar SPIRIT terpilih digelar dalam dua sesi. Sesi pertama menampilkan presentasi tesis/disertasi dari tiga alumni, yaitu Rudi Aditya Pratomo (dari Bappenas), Diana Siskha Yulita Simbolon (BPK), dan Agung Ikhasari Kurniarto (BPN). Ketiga tesis/disertasi tersebut selanjutnya ditanggapi oleh tiga pembahas dari Perencana Utama Bappenas, yaitu Budhi Santoso, Budi Hidayat, dan Ratna Sri Mawarti. Adapun sesi kedua menampilkan presentasi tesis/disertasi dari dua alumni, yaitu Jatnika Dwi Asri (Kemendagri) dan Riza Faisal (BPKP). Dua Perencana Utama Bappenas, Hanan Nugroho dan Petrus Soemarsono, membahas kedua tesis/disertasi tersebut. Kegiatan ini dihadiri pejabat struktural dan fungsional perencana di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas serta perwakilan Participating Agency (PA), Project Management Unit (PMU), dan tim konsultan yang terlibat dalam Program Gelar SPIRIT.

Dalam ajang Sharing Session Workshop Program Gelar SPIRIT 2017 ini, Pusbindiklatren Bappenas juga meluncurkan tiga buku berjudul Bunga Rampai Tesis/Disertasi Program SPIRIT untuk Kelompok Ekonomi dan Bisnis. Ketiga buku masing-masing mengambil tema Akuntansi dan Bisnis, Ekonomi, dan Manajemen. Penerbitan buku ini merupakan upaya Pusbindiklatren Bappenas untuk mendokumentasikan sekaligus menyebarluaskan hasil tesis/disertasi alumni program gelar SPIRIT sebagai bagian dari kontribusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Selain buku untuk Kelompok Ekonomi dan Bisnis, Pusbindiklatren Bappenas juga akan menerbitkan buku-buku serupa untuk Kelompok Ilmu-Ilmu Sosial serta Kelompok Ilmu-ilmu Alam dan Interdisipliner.

Selanjutnya, Pusbindiklatren Bappenas akan menggelar kegiatan serupa untuk Program Gelar PHRD-IV. Kegiatan tersebut rencananya akan diadakan pada akhir Oktober 2017.