Wawancara Pansel Uji Kompetensi JFP Calon Perencana Ahli Madya Tahun 2021


Pusbindiklatren #SahabatPembangunan, mulai tahun 2021 Pusbindiklatren menerapkan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Perencana Ahli Madya dengan mekanisme baru.

Untuk pengangkatan ke dalam JFP Ahli Madya maupun naik jenjang ke JFP Ahli Madya, selain ada ujian tertulis juga ada wawancara dengan panitia Seleksi Pusbindiklatren. Dimana topik dalam wawancara meliputi Profesionalitas ASN, Sinkronisasi Perencanaan, Perubahan Paradigma Perencanaan Pembangunan, Kualitas Dokumen Perencanaan, Perumusan Kebijakan, Penulisan Policy Paper, dan Peraturan tentang JFP.

Pada tanggal 12-13 Agustus 2021 lalu, Pusbindiklatren menyelenggarakan wawancara Uji Kompetensi JFP Ahli Madya untuk yang sudah lulus ujian tertulis Uji Kompetensi JFP Ahli Madya. Seleksi ini mengikutsertakan 17 calon JFP Ahli Madya pada hari pertama dan 18 calon JFP Ahli Madya pada hari kedua. Nilai wawancara sudah diumumkan kepada masing-masing peserta di hari yang sama.

Apabila peserta tidak lulus wawancara, maka Berita Acara Penilaian Wawancara tidak akan diterbitkan dan surat pernyataan kompeten dalam JFP akan ditangguhkan oleh Pusbindiklatren sehingga peserta belum dapat diangkat ke dalam Perencana Ahli Madya. Peserta yang tidak lulus Wawancara Pansel masih diberikan kesempatan untuk mengikuti Wawancara Pansel dengan ketentuan sebagaimana tercantum dalam surat pemanggilan.

 

#Pusbindiklatren #Kementerian PPN #Bappenas