• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Panggilan Tes Bahasa Inggris Calon Penerima Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2017

Sehubungan dengan pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2017, bersama ini kami sampaikan bahwa staf Saudara telah dinyatakan lulus TPA dan memenuhi syarat untuk mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi Bahasa Inggris (ITP TOEFL).

Peserta yang berhak mengikuti tes TOEFL adalah (a) Peserta yang lulus TPA pada tanggal 11 Maret 2017; (b) Peserta yang telah mempunyai nilai TPA namun nilai TOEFL-nya belum memenuhi syarat; dan (c) Peserta yang telah memiliki nilai TPA yang memenuhi syarat, sehingga langsung diundang untuk mengikuti tes TOEFL.

Pembiayaan seleksi TOEFL menggunakan mekanisme cost sharing. Pusbindiklatren menanggung biaya bahan, sewa ruang, biaya pengawas Pusbindiklatren, dan penanggung jawab lokal. Sementara itu, instansi asal peserta menanggung biaya transportasi (tiket perjalanan PP) dari dan ke tempat tes, serta per-diem peserta tes.

TOEFL diselenggarakan pada Hari Sabtu, tanggal 8 April 2017 mulai jam 08.00 (waktu setempat) di lokasi–lokasi terlampir. Calon Peserta diwajibkan hadir 30 (tiga puluh) menit sebelum tes dimulai. Peralatan yang perlu dibawa oleh peserta adalah: a. Pensil 2B; b. Peruncing Pencil; c. Karet Penghapus; d. Kartu Identitas Diri yang masih berlaku (wajib); dan e. Papan Berjalan (Papan Alas Menulis).

Sebagai informasi, pelaksanaan Seleksi Nasional Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2017 Gelombang II diprioritaskan untuk calon peserta yang memilih program S2 Dalam Negeri dan S2 Linkage Australia.

Peserta yang hendak mengubah pilihan studi dapat langsung melakukannya secara online dan bagi peserta yang sudah melakukan registrasi online tetapi belum mengirimkan kelengkapan berkas pendaftaran, seperti : a. Formulir Hasil Cetak Registrasi Online yang telah disetujui, b. Surat Usulan Pendaftaran Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas, c. Fotokopi Ijazah dan transkrip S1 (legalisir), d. Fotokopi SK PNS Minimal IIIA 100 persen, e. Fotokopi SK PNS terakhir (legalisir), dan f. Formulir Wawancara, maka yang bersangkutan diwajibkan untuk mengirimkan seluruh kelengkapan berkas paling lambat pada saat pelaksanaan TOEFL, yaitu 8 April 2017. Bagi peserta yang tidak dapat mengumpulkan kelengkapan berkas pada saat pelaksanaan TOEFL, maka status yang bersangkutan otomatis akan gugur dalam Seleksi Nasional Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2017.

File unduhan : 20170321-Surat-Pemanggilan-TOEFL-2017.pdf