• Jl. Proklamasi No. 70, Menteng Jakarta Pusat
  • (021) 31928280, 31928285, 31928279 ext 9
  • pusbindiklatren@bappenas.go.id

Bimbingan Teknis Sistem Perencanaan dan Penganggaran Khusus Kabupaten Soppeng

Sebagai langkah awal kerja sama, Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, dan Pusat Pembinaan , Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Perencanaan dan Penganggaran. Kegiatan ini berlangsung  di Gedung Pusbindiklatren, Jakarta, mulai tanggal 24 Juli 2017 hingga 28 Juli 2018. Bersamaan dengan kegiatan Bimtek, dilakukan pula penandatanganan Surat Pernyataan Kehendak (Letter of Intent) kerja sama antara Pusbindiklatren dan Pemerintah Daerah Kabupaten Soppeng.

Bupati Soppeng, H. Andi Kaswadi Razak, bersama Kepala Pusbindiklatren, Dr. Nur Hygiawati Rahayu, S.T., M.Sc., membuka secara langsung kegiatan Bimtek. Dalam sambutannya, Kepala Pusbindiklatren memberikan apresiasi terhadap semangat dan antusiasme para peserta Bimtek. Sementara itu, Bupati Soppeng dalam sambutannya berharap agar kegiatan Bimtek ini dapat memberikan manfaat dalam menemukan bentuk dan pola yang terbaik bagi pembangunan khususnya di Kabupaten Soppeng. Pembukaan Bimtek juga dihadiri oleh Kepala Bapelitbangda Kabupaten Soppeng, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Soppeng, dan Kepala BKPSDM Kabupaten Spppeng.

Sebanyak 56 peserta mengikuti kegiatan Bimtek yang berlangsung selama lima hari. Peserta berasal dari perwakilan setiap dinas dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Soppeng. Terdapat beberapa materi yang menjadi bahan ajar Bimtek diantaranya Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN),  Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran, Sistem Pengelolaan Pembangunan Daerah, Penyusunan Rencana Stretegis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) OPD, Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Penyusunan dan Indikator Kinerja OPD, Penyusunan Monitoring dan Evaluasi Kinerja OPD, serta Penyusunan Laporan Kinerja OPD. Para penyampai materi berasal dari Widyaiswara di Pusbindiklatren Bappenas. (HA)