Seleksi Program S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2021

Dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai negeri sipil (PNS) untuk mendukung sinergi perencanaan pusat dan daerah serta meningkatkan kualitas layanan dan kinerja PNS agar dapat mendukung pencapaian tujuan pembangunan nasional, Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas membuka kesempatan bagi para PNS yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, unit perencanaan di Kementerian/Lembaga, unit perencanaan di organisasi pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota, unit kerja lainnya yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan, dan/atau para PNS yang uraian pekerjaannya berhubungan dengan perencanaan pembangunan, untuk mengikuti Program Beasiswa yang dikelola Pusbindiklatren Bappenas tahun 2021. Program beasiswa Pusbindiklatren Bappenas tahun 2021 yang ditawarkan meliputi program pendidikan gelar S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City yang akan dilaksanakan di program studi yang telah kerja sama dengan Pusbindiklatren Bappenas sesuai dengan kuota sebagaimana terlampir.

Program beasiswa S2 Dalam Negeri Tematik Smart City merupakan program yang diselenggarakan dalam rangka mendukung gerakan membangun smart city yang dikembangkan oleh beberapa Kementerian/Lembaga. Program S2 Dalam Negeri Tematik Smart City dilaksanakan untuk memfasilitasi penyusunan Masterplan Smart City agar dapat lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan pembangunan yang ada di daerah masing-masing. Sebagai informasi tambahan, program S2 Dalam Negeri Tematik Smart City dirancang dengan durasi studi maksimum 24 bulan dengan memasukan kegiatan magang pada institusi yang menyelenggarakan program smart city.

Calon peserta Program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2021 program S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City diharuskan mendaftar melalui “Registrasi online di situs Pusbindiklatren Bappenas. Pendaftaran melalui faksimile dan pos-el (email)� tidak kami proses lebih lanjut.

Proses seleksi Program Beasiswa meliputi tahapan administrasi, tes potensi akademik (TPA) dan test of english as a foreign language (TOEFL). Persyaratan administrasi berupa dokumen pendukung harus dikirimkan secara langsung atau melalui jasa pengiriman ke: Pusbindiklatren Bappenas (Beasiswa Pendidikan Gelar Tahun 2021), Jalan Proklamasi No. 70, Jakarta Pusat 10320, paling lambat tanggal 30 Oktober2020 (cap pos).

Dokumen pendukung pengusulan calon penerima beasiswa yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Surat usulan dari Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD setempat dengan tembusan eselon 2 atasan langsung, yang menyebutkan nama peserta yang diusulkan dan telah memenuhi semua kriteria yang dipersyaratkan, belum pernah mengambil/memiliki gelar S2 untuk yang melamar beasiswa gelar S2;
  2. Hasil cetak formulir registrasi online yang telah diisi lengkap, bermaterai, bertanda tangan asli calon peserta dan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD serta stempel cap basah pada posisi tanda tangan Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD;
  3. Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi dan cap basah;
  4. Salinan SK kepangkatan III/a dan SK terakhir yang telah dilegalisasi;
  5. Formulir pernyataan pengembangan SDM yang ditandatangani oleh Kepala Biro Kepegawaian/SDM/BKD serta disesuaikan dengan Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia di masing-masing instansi (formulir terlampir); serta
  6. Dokumen Rencana Pengembangan Sumber Daya Manusia atau Human Capital Development Plan (HCDP) yang terdapat di masing-masing instansi, sesuai dengan surat kami dengan nomor 847/P.01/05/2019 pada tanggal 29 Mei 2019 perihal Hasil dan Tindak Lanjut Kegiatan Rapat Koordinasi dan Workshop Penyusunan Rencana Pengembangan SDM ASN Pembangunan.

Dapat kami sampaikan pula bahwa sehubungan dengan adanya pandemi Covid-19 dan meminimalisir proses kegiatan seleksi TPA maupun TOEFL secara langsung, dalam proses seleksi program beasiswa ini kami dapat menerima nilai seleksi individual (TPA dan TOEFL) yang masih berlaku per Agustus 2021. Bagi peserta yang belum memiliki nilai individual baik TPA maupun TOEFL akan diwajibkan untuk mengikuti seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Pusbindiklatren Bappenas.

Jadwal Seleksi Program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2021 program S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City Kementerian PPN/Bappenas sebagai berikut:

NO

PROGRAM

WAKTU

1

Seleksi Nasional TPA S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City

November 2020*

2

Seleksi Nasional ITP TOEFL S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City

November 2020*

3

Pemanggilan Peserta S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City Tahun 2021 Tahap 1

Desember 2020*

*Keterangan : Jika ada perubahan jadwal, akan diinformasikan di kemudian hari.

Selain itu, dapat kami informasikan bahwa Pusbindiklatren Bappenas juga berencana mengadakan pelatihan bahasa Inggris atau Basic English for Academic Purposes (BEAP) tahun 2020 selama dua minggu secara daring yang akan dilaksanakan bersama empat pusat bahasa dan/atau penyelenggara pelatihan bahasa Inggris seluruh Indonesia. Informasi lebih lanjut perihal pelaksanaan BEAP, akan diinformasikan melalui surat penawaran terpisah.

Panduan Pelaksanaan Program Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Tahun 2021 program S2 Dalam Negeri dan S2 Dalam Negeri Tematik Smart City disampaikan terlampir. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi:

Kantor Pusbindiklatren Bappenas
Bidang Pendidikan dan Pelatihan Gelar
Jalan Proklamasi no. 70 Jakarta Pusat 10320
Telepon: 021 31928280, 31928285
Pos-el: pusbindiklatren@bappenas.go.id
Situs: htttp://www.pusbindiklatren.bappenas.go.id.



Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerja sama yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

File unduhan : Penawaran-Beasiswa-DN-dan-Tematik-DN-Tahun-2021.pdf