20 Januari 2017
Panggilan Calon Peserta Program S2 Linkage Jepang, S2 Luar Negeri, S3 Dalam Negeri dan S3 Luar Negeri TA 2017

Sehubungan dengan telah selesainya proses seleksi dan penempatan untuk program S2 Linkage Jepang, S2 Luar Negeri, S3 Dalam Negeri dan S3 Luar Negeri tahun 2017, dengan ini kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

  1. Staf Bapak/Ibu/Saudara (terlampir) telah terseleksi menjadi calon peserta Program S2 Luar Negeri Jepang, S3 Luar Negeri Jepang, S3 Dalam Negeri dan S2 Linkage Jepang yang dilaksanakan di 8 (delapan) program studi pada 5 (lima) perguruan tinggi di Indonesia dan universitas di Jepang.
  2. Program S2 Linkage Jepang dirancang sedemikian rupa, sehingga kuliah pada tahun pertama dilaksanakan di Indonesia (di salah satu dari lima universitas sebagaimana terlampir). Sedangkan kuliah pada tahun kedua dilaksanakan di Jepang (apabila lulus seleksi pada universitas di Jepang) dan di akhir perkuliahan peserta berhak mendapat dua gelar dari masing-masing universitas tersebut.
  3. Sehubungan dengan adanya kelonggaran kebijakan dari pihak universitas Jepang, maka batas minimal kelulusan nilai TOEFL S2 Linkage Jepang adalah 475.
  4. Setiap calon peserta S2 Linkage Jepang, S2 dan S3 Luar Negeri diwajibkan untuk mengikuti program persiapan Bahasa Inggris atau English for Academic Purposes (EAP) selama kurang lebih 5,5 bulan secara penuh di Pusat Bahasa sebagaimana tercantum dalam lampiran. Persiapan Bahasa untuk calon peserta S2 dan S3 Luar Negeri adalah kurang lebih 7,5 bulan secara penuh yang terdiri dari EAP dan Basic Japanese Language Training(BJLT).
  5. Program EAP dilaksanakan secara cost sharing, dengan rincian a). Pusbindiklatren Bappenas akan menanggung biaya: (i) tution fee di Indonesia; (ii) tunjangan biaya hidup (sesuai dengan Standar Harga Satuan Umum); (iii) biaya studi selama di Jepang yang bersumber dari JICA Loan Agreement No.: IP-568. b). instansi asal menanggung biaya: (i) uang tiket PP di dalam negeri dari tempat asal peserta ke program studi; (ii) penempatan awal program; dan (iii) uang saku peserta.
  6. Setiap calon peserta S3 Dalam Negeri, dipersyaratkan memiliki Surat Penerimaan dari Program Studi Universitas yang dituju, serta disetujui oleh Instansi Asal Peserta dan Pusbindiklatren Bappenas. Berkaitan dengan hal tersebut, calon peserta yang tercantum dalam lampiran diberi kesempatan untuk melamar ke Perguruan Tinggi yang diminati sampai dengan akhir bulan Agustus 2017. Apabila calon peserta belum memperoleh surat penerimaan dari perguruan tinggi yang diminati hingga batas waktu tersebut, maka yang bersangkutan dikembalikan lagi ke instansi asalnya.
  7. Dalam rangka memenuhi kelengkapan administrasi, seluruh calon peserta diwajibkan:
    Menyiapkan dokumen kelengkapan administrasi 5 (lima) surat sesuai format terlampir, yang terdiri dari Surat Tugas, Surat Pernyataan, Surat Perjanjian, Surat Penempatan Kembali dan Surat Cost Sharing (khusus untuk calon peserta S2 Linkage Jepang dan S3 Dalam Negeri yang telah memiliki surat penerimaan dari kampus).

    Menyiapkan dokumen kelengkapan administrasi 3 (tiga) surat sesuai format terlampir, yang terdiri dari Surat Tugas, Surat Perjanjian dan Surat Cost Sharing (khusus untuk calon peserta S2 dan S3 Luar Negeri Jepang).

    Mengunggah/upload buku tabungan (non-gaji dan belum pernah digunakan untuk menerima uang negara) dan NPWP dalam website Pusbindiklatren Bappenas di www.pusbindiklatren.bappenas.go.id/pemantauan. (panduan terlampir) (seluruh calon).
  8. Seluruh kelengkapan administrasi dibuat sebanyak 2 (dua) rangkap dengan rincian 1 asli dan 1 salinan cap basah. Kelengkapan administrasi tersebut dikirimkan kepada Pusbindiklatren Bappenas (Beasiswa Diklat Gelar) dengan alamat Jalan Proklamasi No 70, Jakarta Pusat 10320, paling lambat tanggal 16 Februari 2017.
  9. Seluruh calon peserta diwajibkan untuk memenuhi ketentuan sebagai berikut :
    Bersedia menerima sanksi apabila Pusbindiklatren dan/atau Program Studi menemukan informasi yang berbeda mengenai: a) Status Kepegawaian seperti masa kerja dan pangkat/golongan ruang; b) Status pendidikan terakhir baik yang telah selesai maupun yang sedang dijalani, misalnya calon penerima beasiswa Pusbindiklatren sudah berpendidikan S2/S3 atau sedang mengikuti program S2/S3 di tempat lain;

    Tidak mengambil cuti akademis dengan alasan apapun;

    Mengikuti semua prosedur dan ketentuan yang ditetapkan masing-masing Program Studi.

    Memberikan konfirmasi kepada Pusbindiklatren apabila tidak bersedia mengikuti program studi yang ditandatangani serendah-rendahnya oleh Eselon II sesuai dengan jadwal penempatan terlampir dan/atau tidak mendapatkan izin dari atasan.

    Jika calon peserta mengundurkan diri SETELAH tanggal 26 Januari 2017, yang bersangkutan DIWAJIBKAN untuk mengganti biaya seleksi Pusbindiklatren Bappenas, yang jumlahnya akan diberitahukan kemudian.

    Jika calon peserta mengundurkan diri SETELAH tanggal 2Februari 2017, yang bersangkutan DIWAJIBKAN untuk mengganti biaya seleksi Pusbindiklatren Bappenas dan keikutsertaan instansi asal di kemudian hari akan dipertimbangkan lebih lanjut.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon bantuan Bapak/Ibu/Saudara untuk segera menyampaikan informasi ini kepada calon peserta yang tercantum dalam lampiran dan membantu proses pengurusan administrasi yang diperlukan. Seluruh calon peserta S2 Linkage Jepang akan segera dihubungi oleh masing-masing program studi dan jadwal EAP dapat diperoleh di Pusat Bahasa masing-masing.

Demikian informasi yang kami sampaikan, Untuk menanyakan seputar Informasi tentang Beasiswa Diklat Pusbindiklatren Bappenas silahkan email ke pusbindiklatren@bappenas.go.id, sedangkan untuk menanyakan seputar teknis web / pendaftaran online silahkan email ke : pusbindiklatren@gmail.com

Terima Kasih,
Pusbindiklatren Bappenas RI.
F : pusbindiklatren
T : @pusbindiklatren
G : +pusbindiklatren

File unduhan : Calon-Peserta-S2-Linkage-Jepang-S2-LN-S3-DN-S3-LN-2017.pdf