Parallel Session SDGs Annual Conference 2024


Jakarta – 8 Oktober 2024, Pusat Pengembangan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melaksanakan Parallel Session SDGs Annual Conference 2024. Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pusbindiklatren dengan bekerjasama dengan Sekretariat Nasional SDGs Indonesia. Kegiatan ini dilangsungkan secara hybrid di Hotel Fairmont Jakarta. Kegiatan ini mengundang 28 authors terpilih dari 204 extended abstract yang dikumpulkan melalui suatu call for paper.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Pusbindiklatren Kementerian PPN/Bappenas, Wignyo Adiyoso. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Wignyo menjelaskan bahwa Parallel Session ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi pemangku kepentingan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Selain itu, disampaikan pula extended abstract yang dipresentasikan dan dilanjutkan menjadi full paper, akan mendapatkan kesempatan untuk dipublikasikan melalui jurnal yang dikelola oleh Pusbindiklatren, tentunya setelah melalui proses review.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi extended abstract terpilih yang terbagi menjadi 2 sesi, yaitu pagi hari dan sore hari. Presentasi sesi pagi dilakukan mulai pukul 09.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Dalam sesi pagi tersebut, peserta terbagi menjadi 2 ruangan, yaitu hybrid dan online. Peserta yang melakukan presentasi secara hybrid berjumlah 12 orang. Presentasi hybrid dimoderatori oleh­ Prof. Agus Trihartono (Universitas Jember), Prof. Didin Nurrudin Hidayat (UIN Syarif Hidayatullan Jakarta), dan Prof. Bakti “Bobi” Setiawan (Universitas Gadjah Mada). Sementara itu, presentasi secara online, yang juga diikuti oleh 12 authors dimoderatori oleh Bayu Arie Fianto (Universitas Airlangga), Septaliana Dewi Prananingtyas (Kementerian PPN/Bappenas), dan Anang Budi Gunawan (Kementerian PPN/Bappenas).

Presentasi sesi sore hari dilakukan menjadi satu sesi dengan presentasi dari 2 authors terpilih author riset hibah KONEKSI dan author riset kolaborasi. Sedangkan presentasi extended abstract yang terpilih oleh Pusbindiklatren adalah 4 orang. Sesi sore ini dimoderatori oleh Dharendra Wardhana yang merupakan Perencana Ahli Madya dari Kementerian PPN/Bappenas.

Pada akhir kegiatan, diumumkan best presenter untuk extended abstract yang terpilih oleh Pusbindiklatren. Para pemenang best presenter adalah Bening Kalimasada Aura Keindahan, Harun Al Azies, dan FX Gugus Febri Putranto. Best presenter dipilih setelah melalui penilaian dari para juri yang ditentukan oleh Pusbindiklatren.

Melalui konferensi ini, diharapkan kolaborasi penelitian dan pendekatan inovatif dalam perencanaan pembangunan berkelanjutan dapat terus ditingkatkan. 28 extended abstracst yang terpilih mengulas berbagai topik yang mendukung pencapaian SDGs. Kegiatan ini turut dihadiri oleh akademisi, praktisi, PNS, serta komunitas dalam dan luar negeri. Dalam penutupan kegiatan, Bapak Wignyo juga menyampaikan apresiasi kepada peserta dan panitia serta penekanan pada pentingnya aksi nyata dalam mencapai target SDGs di Indonesia.