Sejalan dengan fungsi Bappenas sebagai instansi Pembina Jabatan Fungsional Perencana dan sebagai instansi Penyelenggaraan Diklat Perencanaan Pembangunan, di mana rencana anggaran Bappenas Tahun Anggaran 2015, Bappenas kembali akan memberikan kesempatan bagi staf Perencana yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, Unit Perencana di Kementerian/Lembaga, Bappeda atau nama lain, dan Unit Perencanaan di Dinas Teknis pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, untuk memperoleh Beasiswa Pusbindiklatren (Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Perencana) pada Tahun Anggaran 2015 dalam mengikuti program diklat gelar di dalam negeri.
Prosedur Pelamaran :
- Mereka yang berhak melamar program beasiswa Pusbindiklatren adalah mereka yang memenuhi persyaratan seperti yang disebutkan di atas, dan belum pernah mengambil/memiliki gelar S2 untuk yang melamar beasiswa S2 dengan mengisi formulir pendaftaran secara online dan diusulkan secara resmi oleh instansi asalnya melalui pejabat pengelola kepegawaian atau atasan langsung(minimal eselon II). Surat usulan yang dimaksud harus menyebutkan nama–nama pegawai yang diusulkan oleh instansi, dan program/topik beasiswa yang diminati.
- Pelamar yang diprioritaskan adalah para: a) Fungsional Perencana; b) Perencana di Instansi Perencanaan atau yang bekerja di unit kerja yang mempunyai tugas pokok dan fungsi di Bidang Perencanaan; c) PNS lain yang direncanakan bekerja di Instansi atau Unit Perencanaan.
- Penawaran seleksi beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Gelombang II ini hanya dilakukan melalui website Pusbindiklatren dalam kurun waktu sekitar 1 bulan. Untuk mendapatkan formulir tersebut, peserta wajib untuk melakukan registrasi online pada situs Pusbindiklatren Bappenas di http://pusbindiklatren.bappenas.go.id atau http://pusbindiklatren.bappenas.go.id/simdiklatonline . Setelah melakukan registrasi online dan mengisi lengkap seluruh informasi yang dibutuhkan, peserta diharuskan mencetak formulir pendaftaran untuk ditandatangani.
- Pusbindiklatren hanya akan menindaklanjuti formulir pendaftaran yang bermaterai dan bertandatangan asli dengan persetujuan dari atasan langsung (minimal eselon II). Untuk yang menyampaikan melalui faksimile dan email, kami tidak akan memproses usulan tersebut.
- Pelamar yang telah melakukan registrasi online pada gelombang I namun belum sempat mengirimkan kelengkapan berkasnya, dipersilahkan untuk merevisi pilihan program studinya dan langsung mengirimkan kelengkapan berkasnya.
- Pelamar yang telah dipanggil untuk mengikuti Test Potensi Akademik (TPA) maupun test TOEFL pada gelombang I namun masih belum berhasil memenuhi persyaratan beasiswa Pusbindiklatren Bappenas, tidak diperkenankan untuk melakukan pendaftaran di gelombang II.
- Peserta yang memenuhi syarat administrasi (MS), lulus TPA dan TOEFL akan diproses untuk penempatan selama 2 tahun (selama nilai TPA dan TOEFL–nya masih berlaku), asal diusulkan kembali oleh atasan langsung (minimal Pejabat Eselon II), kecuali ada surat pembatalan pencalonan dari instansi asalnya (minimal Pejabat Eselon II). Formulir serta dokumen pendukungnya dapat disampaikan langsung atau dikirim melalui pos/titipan kilat ke Pusbindiklatren Bappenas, dengan alamat: Jalan Proklamasi No. 70, Jakarta Pusat 10320.
- Formulir pendaftaran harus disertai/dilengkapi dengan dokumen pendukung yaitu:
- Ijazah dan transkrip S1/S2 yang telah dilegalisir
- Foto copy SK Pengangkatan PNS 100% pada golongan III/a, atau SK pengangkatan terakhir, yang telah dilegalisir
- Khusus bagi para Pejabat Fungsional Perencana harus melampirkan SK jabatan terakhir yang dilegalisir
- Pernyataan Rencana Studi (dalam bentuk esai), sebagaimana format terlampir (Lampiran 2)
Sebelum melakukan pendaftaran online, diharapkan peserta melihat manual pendaftaran online yang terdapat di dalam surat penawaran dibawah ini.
File unduhan : Surat-Penawaran-Gel-II Beasiswa-Pusbindiklatren-Bappenas.pdf